Cara Mencuci Mobil yang Baik dan Aman ala Daihatsu

Panduan Pembeli

Cara Mencuci Mobil yang Baik dan Aman ala Daihatsu

JAKARTA – Meski saat ini kendaraan umumnya tidak digunakan karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), bukan berarti mobil tidak dirawat dan dicuci.

Mobil jarang dicuci dapat menyebabkan warna mobil menjadi kusam dan timbul jamur baik di bodi maupun kaca. Kondisi ini tentunya membuat tampilan mobil menjadi kurang apik dan kurang sedap dipandang.

Namun mencuci mobil pun sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa memperhatikan langkah-langkahnya. Daihatsu memberikan beberapa tips sederhana untuk memastikan mencuci mobil dengan tepat.

Cuci Mobil

Gunakan Shampo Khusus

Jika memiliki pandangan bahwa semua sabun bisa digunakan untuk mencuci mobil, maka ubahlah pandangan tersebut. Pasalnya menggunakan sabun secara sembarangan bisa menyebabkan cat mobil menjadi kusam dan banyak goresan.

Sebaiknya menggunakan shampo khusus cuci mobil. Shampo tersebut telah memiliki PH atau tingkat keasaman yang rendah sehingga membuat cat mobil tidak mudah kusam karena efek asam sehingga tampilan mobil menjadi lebih apik dalam jangka panjang.

Hindari Mencuci di Bawah Terik Matahari

Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung berpotensi membuat air di bodi kendaraan menjadi lebih cepat kering. Kondisi ini bisa menyebabkan jamur yang berbentuk bintik air. Padahal jamur adalah musuh utama dari bodi mobil karena akan membuat warna cat terlihat kusam.

Usap dari Atas ke Bawah

mencuci mobil

Cara mengusap mobil juga harus menjadi perhatian tersendiri. Pastikan untuk selalu mengusap dari atas ke bawah. Hindari gerakan memutar terlebih gerakan dari bawah ke atas. Hal ini karena dapat membuat kotoran justru semakin tersebar ke permukaan mobil.

Bilas Bodi Mobil dengan Air Mengalir

Membilas mobil pun tidak bisa sembarangan dilakukan dengan air yang ada. Usahakan untuk menggunakan air yang benar-benar bersih dan mengalir. Pastikan untuk membilas mobil dari bagian atas, kemudian kaca baru ke arah bawah seperti pelek dan ban.

Setelah membilas, langsung keringkan dengan kain berbulu dan pastikan untuk tidak menurunkan kaca jendela saat proses pengeringan. Pastikan untuk seluruh bagian kendaraan di lap karena untuk menghindari munculnya jamur pada kendaraan. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar