5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Mencuci Mobil

Panduan Pembeli

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Mencuci Mobil

JAKARTA – Selain lebih hemat, mencuci kendaraan sendiri bisa menjadi hiburan. Apalagi bila ternyata hasil mencuci sendiri lebih bersih dibandingkan pencucian mobil umum.

Namun, ada beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh para pemilik saat mencuci mobil sendiri. Kesalahan tersebut membuat mobil menjadi tidak sebersih dan seindah yang dibayangkan sang pemilik mobil.

Lantas, apa saja kesalahan tersebut?

Pertama yang paling umum adalah mencuci mobil di bawah terik sinar matahari. Mencuci langsung di bawah sinar matahari dapat menyebabkan air lebih mudah menguap sehingga menyisakan bercak pada cat mobil. Jadi pastikan untuk mencuci mobil di tempat teduh untuk menghindari hal ini.

Kedua adalah menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil. Sabun cuci piring bisa membuat coating cat terkelupas. Untuk menghindarinya, gunakanlah sabun cuci khusus untuk mobil yang memiliki formula tepat untuk merawat cat kendaraan.

Kesalahan ketiga adalah menggunakan kain atau lap apapun yang bisa ditemukan untuk mencuci mobil. Kesalahan ini cukup fatal karena dengan asal menggunakan kain justru bisa membuat cat mobil tergores halus. Sebaiknya gunakan kain micro-fiber yang memiliki kemampuan untuk mengangkat debu dengan apik.

Kesalahan keempat adalah hanya menggunakan satu ember untuk mencuci keseluruhan mobil. Biasakan untuk menggunakan dua ember sekaligus. Satu ember untuk air sabun dan satu lagi untuk air bilas. Ember berisi air bilas digunakan untuk membilas kain sehingga kotoran tidak masuk ke dalam air sabun yang bersih. Dengan demikian resiko mobil tergores karena partikel kendaraan bisa dihindari.

Terakhir, kelima adalah langsung menggunakan kain yang terjatuh. Kain yang terjatuh memiliki resiko membawa partikel asing dan membuat goresan halus pada body mobil. Untuk itu pastikan bilas kain yang terjatuh sebelum menggunakannya lagi. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual