Impresi Menjadi Penumpang New Toyota Avanza 2016

Panduan Pembeli

Impresi Menjadi Penumpang New Toyota Avanza 2016

KARAWANG - Hari ini (13/8), Mobil123 berkesempatan mencoba new Toyota Avanza 2016 dari Jakarta - Cirebon, setelah mobil keluarga 7-penumpang ini resmi diluncurkan di Indonesia, kemarin. Bersama 3 rekan jurnalis lain, Mobil123 mencicipi keandalan new Toyota Avanza G 1.5-liter tansmisi manual 5-speed warna biru.

Desain eskterior new Avanza memiliki bahasa sophisticated (canggih) dan sporty. Pengubahan pada bagian lampu depan, grille, bumper depan dan belakang mampu menarik perhatian setiap pengguna jalan. Enggak percaya? Coba saja sendiri.

Interiornya dihiasi warna abu-abu dan cokelat pada bagian dashboard. Bagian ini tampak mewah berkat penyematan aksen chrome.

Nah, busa kursi penumpang cukup empuk yang menambah kenyamanan perjalanan kami menuju Cirebon. Pantauan Mobil123, dashboard Grand New Avanza tipe G 1.5-liter sudah tersemat audio 2 DIN CD USB AUX yang terintegrasi DVD, dan Bluetooth. Sistem audio ini juga tersimpan pada grand new Veloz 1.5-liter.

Belum lengkap rasanya jika tidak melihat pengubahan meter cluster yang masih menampilkan MID (multi information display) dengan suguhan informasi jarak tempuh, dan hasil konsumsi BBM rata-rata.

Melongok ke kursi baris ketiga. Kursi sudah memiliki konfigurasi 50:50 sehingga memberikan kenyamanan untuk akomodasi barang maupun penumpang bila diperlukan. Ini salah satu senjata Toyota agar para konsumen semakin melirik MPV pesaing Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga ini.

Grand New Avanza G memiliki seatbelt hingga bangku ketiga serta pengait ISOFIX pada bangku untuk membawa bangku bayi agar lebih aman. Rasanya fitur ini sangat dibutuhkan keluarga muda Indonesia.

Bahas soal mesin. New Avanza menyuguhkan mesin Dual VVT-i 2NR-VE 1.5-liter dan mampu mengeluarkan tenaga 104 Ps pada rpm 6.000 dan torsi 13,9 kgm pada rpm 4.200. Spesifikasi ini juga berlaku pada Grand New Veloz 1.5-liter transmisi otomatis.

"Mesin baru lebih baik dari sebelumnya. Anda bisa merasakan tenaga yang dibutuhkan. Kedua gejala endut-endutan berkurang berkat penggantian ECU (electronic control unit)," pungkas pengendara.

Namun, raungan mesin mulai terdengar sampai ke kabin penumpang saat mobil mencapai kecepatan 125 kpj pada rpm 5.000. Makin cepat kendaraan, semakin keras suara mesin sampai ke kabin penumpang. Bahkan suara audio dalam keadaan tingkat volume suara 23 tidak terdengar, saking berisiknya suara mesin Grand New Avanza.

"Musiknya enggak tidak terdengar," kata salah satu rekan jurnalis yang mengomentari raungan mesin Grand New Avanza. Terpaksa kami harus meningkatkan volume suara audio deh.

Kendati demikian kami tetap menikmati perjalanan menuju Cirebon bersama new Avanza. Apalagi kondisi jalan tol Cipali yang hampir mulus tanpa lubang, hanya jalan bergelombang yang menguji sedikit suspensi Grand New Avanza. Rombongan Grand New Avanza dan Veloz tiba di Keraton Kacirebonan Cirebon pukul 15:00 WIB. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support