Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hyundai Mau Bangun Satu Lagi Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia!

Berita Otomotif

Hyundai Mau Bangun Satu Lagi Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia!

JAKARTA – Hyundai mengumumkan rencana pembangunan satu lagi pabrik baterai di Tanah Air. Pengoperasiannya kelak dilakukan oleh Hyundai Energy Indonesia.

Berbeda dengan pabrik battery cell (sel baterai) yang sedang dibangun oleh Hyundai-LG di Karawang, Jawa Barat sejak 2021, pabrik Hyundai Energy Indonesia akan memproduksi battery pack (pak baterai).

Hal tersebut, menurut keterangan resmi mereka beberapa waktu lalu, dilakukan demi melengkapi ekosistem industri mobil listrik Hyundai di negara ini.

Sebelumnya, Hyundai juga telah membangun pabrik perakitan mobil di Cikarang, Bekasi yang memulai aktivitas komersial sejak awal 2022. Fasilitas manufakturing itu juga bertujuan untuk merakit model-model mobil llistrik.

mobil listrik Hyundai Ioniq 5

Lebih lanjut, pembangunan pabrik battery pack Hyundai Energy Indonesia dijadwalkan berlangsung mulai semester pertama 2023. Lalu, produksi massal perdananya terjadi pada semester kedua 2024.

Adapun lokasinya belum dibeberkan oleh jenama otomotif asal Korea Selatan tersebut. Demikian pula terkait nilai investasi maupun kapasitas produksinya.

Menurut catatan Mobil123.com, produksi komersial pabrik battery cell Hyundai-LG yang menghabiskan nilai investasi 1,1 miliar dollar AS juga direncanakan berlangsung mulai semester kedua 2024, dengan kapasitas produksi 10 GWh NCMA sel baterai lithium-ion per tahun. Ini diprediksi cukup untuk 150 ribu mobil listrik setahun.

Pembangunan pabrik Hyundai-LG sendiri diproyeksikan selesai pada semester 2023.

mobil listrik Hyundai Ioniq 5

Lebih lanjut, baterai yang dihasilkan kedua pabrik nantinya digunakan oleh model-model mobil listrik murni Hyundai yang diproduksi di Indonesia. Sejauh ini, sang jenama diketahui baru merakit lokal satu model yakni Hyundai Ioniq 5 yang meluncur pada 31 Maret 2022.

Ioniq 5 menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia. Sebelumnya, sejak akhir 2020, mereka telah meluncurkan Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona EV, tapi keduanya masih diimpor utuh dan tidak ada rencana dirakit lokal.

“Indonesia memiliki potensi besar yang dibutuhkan untuk menjadi pemain penting di industri kendaraan listrik global. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara terdepan dalam sumber daya nikel dan kobalt yang merupakan bahan utama baterai BEV. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi BEV sekaligus memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain penting di era elektrifikasi dunia,” tulis Hyundai dalam pernyataan pers mereka. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang