Hyundai Jual Mobil Buatan Indonesia Semester Kedua 2021

Berita Otomotif

Hyundai Jual Mobil Buatan Indonesia Semester Kedua 2021

JAKARTA - Hyundai memperkirakan sudah bisa memproduksi mobil secara lokal di Indonesia serta menjualnya pada paruh kedua 2021.

Seperti diketahui, Hyundai saat ini sedang merampungkan proses pembangunan pabrik di Indonesia. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan bahwa merek mobil asal Korea Selatan tersebut mulai membuat mobil secara lokal pada 2021.

Informasi lebih mendetail hadir. Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI), menjelaskan bahwa pabrik sudah beroperasi pada semester dua 2021.

“Kalau melihat timeframe, sih, di semester kedua. Tapi kembali, bisa saja lebih cepat. Bisa juga mundur-mundur sedikit. Tapi bisa saya bilang pada 2021 memang sudah mulai merakit dan menjual produk dalam negeri,” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam wawancara di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli kemarin di Serpong, Tangerang.

Sayang, lokasi pabrik masih dirahasiakan meski Hendrik mengetahuinya. Ia juga tidak menyebutkan kapan ground breaking atau pemancangan tiang perdana pembangunan pabrik dilakukan.

“Kalau bicara ground breaking itu sudah sangat teknis dan saya tak punya datanya,” tukasnya.

Hyundai Motor Corporation sendiri pada 25 Juli lalu sudah bertandang ke Indonesia. Mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai rencana strategis mereka.

Hendrik menjelaskan bahwa dalam waktu dekat kemungkinan bakal ada konferensi pers dari Hyundai mengenai rencana pembangunan pabrik.

“Mudah-mudahan pada bulan-bulan depan. Tapi yang pasti tahun ini konferensi persnya,” tandasnya lagi.

Dalam keterangan pers Kemenperin pada awal Juli, disebutkan bahwa pabrik baru Hyundai akan menjadi basis produksi dengan kapasitas produksi antara 70 ribu sampai 250 ribu per tahun. Sebanyak 47 persen dari total produksi untuk pasar domestik, sedangkan 53 persen sisanya untuk ekspor.

Model-model yang nantinya diproduksi adalah sport utility vehicle (SUV), multi purpose vehicle (MPV), hatchback, serta sedan.

Hyundai pun bakal merakit mobil listrik. Namun, tidak disebutkan model serta teknologinya, apakah hybrid atau mobil listrik murni.

Pondok Ungu Tetap
Hyundai saat ini sebenarnya sudah memiliki pabrik kecil di Pondok Ungu, Bekasi yang memproduksi H-1. Hendrik menyatakan bahwa pabrik ini kelak tetap beroperasi meski ada pabrik baru karena pabrik di Pondok Ungu lebih kepada perakitan komponen terurai sementara pabrik baru adalah produksi penuh dari nol hingga jadi.

“Ini, kan, sebenarnya bagian dari strategi saja lah. Pabrik baru full manufacturing, pabrik Bekasi perakitan saja. Model mana yang akan dirakit di mana saya belum bisa jawab sekarang,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar