Hyundai Kona Siap Tantang Honda HR-V di IIMS 2019

Mobil Baru

Hyundai Kona Siap Tantang Honda HR-V di IIMS 2019

JAKARTA - Hyundai Kona dipastikan bakal menjadi salah satu mobil baru di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 dan menantang para kompetitornya seperti Honda HR-V.

Isu mengenai rencana kehadiran compact sport utility vehicle (SUV) itu pertama kali muncul pada awal tahun ini. Pasalnya, Kona sudah terdaftar di situs Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) DKI Jakarta.

Setelah cukup lama tak memberi respons, pabrikan asal Korea Selatan tersebut akhir buka suara pada Senin (1/4/2019) kemarin. Setelah mengembargonya selama sepekan, akhirnya keterangan resmi itu bisa dipublikasikan.

“Ini adalah produk terbaru Hyundai yang rencananya akan kami luncurkan di event IIMS 2019,” ujar Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia, dalam Sneak Preview Hyundai Kona di kantor pusat HMI di Pondok Indah, Jakarta.

Kona sebenarnya sudah menjalani debut globalnya cukup lama, yakni pada Juni 2017 di Milan, Italia. Butuh hampir dua tahun mendatangkannya ke Tanah Air.

Hal ini diklaim karena respons pasar dunia yang bagus terhadapnya. Selain itu, produksi dari model yang bakal diimpor utuh dari’Negeri Ginseng’ ini didahulukan untuk versi setir kiri.

“Rencana memasukkan Kona sebenarnya sudah ada dari beberapa waktu lalu. Tapi permintaan di global sendiri sangat baik sehingga statusnya cenderung inden dan kuotanya terbatas,” papar Hendrik.

Kona, menurutnya, akan berada di bawah Hyundai Santa Fe dan Tucson. Model ini sekelas dengan Honda HR-V, Honda C-HR, maupun Mazda3.

Di bawah Kona masih ada Hyundai Creta yang sekelas dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Namun, SUV termurah Hyundai ini belum masuk Indonesia.

“Di tahap satu ini kami masukkan dulu Kona sambil terus pelajari Creta,” tukas dia.

SUV Compact Berdesain Berani
Sayang, pada kesempatan itu Hendrik belum bersedia menjelaskan spesifikasi detail dari Kona untuk pasar Indonesia. Ia hanya menjelaskan Kona memiliki desain berani dengan fitur kenyamanan maupun keselamatan baik di kelasnya.

“Kona diambil dari nama sebuah pantai di pesisir Hawai, Amerika Serikat. Filosofinya, mobil ini untuk konsumen yang harggai kenyamanan dan keamanan karena punya tingkat fitur yang baik di dua aspek itu tapi tetap berjiwa muda,” klaimnya.

Di pasar global sendiri Kona punya dua opsi mesin. Pertama adalah mesin bensin 1.6-liter turbo dan yang kedua ialah mesin bensin 2.0-liter. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support