Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hyundai Creta di India sudah 'Operasi Wajah', di Indonesia Kenapa Belum?

Berita Otomotif

Hyundai Creta di India sudah 'Operasi Wajah', di Indonesia Kenapa Belum?

JAKARTA – Hyundai Creta di Indonesia, sejak meluncur pada 2021, berkali-kali diberikan ubahan minor. Di India sendiri, sporty utility vehicle (SUV) ini sudah ada model facelift-nya.

Creta, pada 2024 ini, bersiap memasuki usia tiga tahun di pasar Indonesia. SUV pesaing Honda HR-V tersebut menjalani debut di Tanah Air pada November 2021.

Sejak itu, Hyundai beberapa kali merilis varian-varian lain dari Creta sebagai penyegaran model minor. Sebut saja Creta Black Edition pada Februari 2023 dan yang terkini adalah Creta Alpha pada Februari 2024 dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS).

Padahal, di India, Hyundai sudah menjual Creta facelift sejak Januari 2024. Kenapa bukan model tersebut yang dibawa ke sini?

Hyundai Creta Alpha

Menjawab pertanyaan tersebut, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan bahwa produk di sebuah negara pasti disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumennya.

Ia mencontohkan bahwa kebutuhan konsumen di India, Indonesia, atau bahkan Thailand yang notabene negara tetangga di kawasan Asia Tenggara pasti punya perbedaan dalam hal kebutuhan spesifikasi kendaraan.

“Bicara Indonesia, kita punya karakteristik konsumen yang khusus, sehingga kami coba menyesuaikan dengan apa yang diperlukan oleh mayarakat Indonesia,” tandasnya di sela-sela IIMS 2024 yang berlangsung 15-25 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Hyundai Creta facelift 2024

Meski demikian, lanjut Soerjopranoto, HMID selaku agen pemegang merek Hyundai di Tanah Air pastinya juga mempelajari kecocokan produk-produk yang ada di luar negeri, jika dipasarkan di negeri ini. Termasuk Creta facelift atau bahkan Creta N—versi performa tinggi Creta—yang bulan depan rencananya mengaspal di 'Negeri Hindustan'.

“Misalnya seperti Creta N yang ada di India. Kami akan melihat apakah secara model cocok untuk Indonesia. Kalau tidak cocok, bisa kami kombinasikan juga. Tentunya, kami melakukan pengembangan produk dengan banyak, supaya makin bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” papar mantan eksekutif Toyota Indonesia tersebut.

“Teman-teman, kan, belum melihat langsung Creta N. Baru di media sosial atau internet. Jadi, kami yang akan studi apakah memang ada unsur-unsur dari Creta N yang kami bisa bawa dan buat jadi versi Creta N untuk Indonesia,” lanjut dia.

Creta sebenarnya cukup berprestasi di pasar Indonesia. Selain menjadi salah satu model terlaris Hyundai di Indonesia, Creta juga menjadi model paling laku kedua di segmennya, di bawah HR-V sebagai jawara utama. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang