Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio Kompak Kembangkan Baterai Motor Listrik

Berita Otomotif

Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio Kompak Kembangkan Baterai Motor Listrik

JAKARTA – Yamaha Motor Co., Ltd., Honda Motor Co., Ltd., KTM F&E GmbH dan Piaggio Group menandatangani kesepakatan konsorsium, dalam pengembangan baterai motor listrik yang dapat ditukar (swappable).

Kolaborasi empat pabrikan motor ini berkomitmen untuk menyebarluaskan penggunaan kendaraan listrik ringan seperti moped, skuter, sepeda motor, motor roda tiga hingga motor roda empat.

Kerjasama tersebut mengarah pada pengembangan alat transportasi dan pengelolaan siklus hidup baterai yang lebih berkelanjutan. Pada akhirnya kolaborasi tersebut bisa memberikan dampak baik pada iklim.

Konsorsium tersebut percaya bahwa baterai dengan sistem swappable yang dikembangkan, akan menjadi kunci tumbuhnya elektromobilitas tegangan rendah.

Adapun tujuan dasar konsorsium adalah menemukan solusi kekhawatiran masyarakat di masa mendatang. Keraguan masyarakat seperti jangkauan, waktu pengisian, infrastruktur dan biaya. 


Baterai Motor Listrik

Berikut ini empat tujuan utama yang akan dihasilkan empat pabrikan motor ini :

  • Mengembangkan teknis spesifikasi sistem baterai tukar pakai
  • Mengkonfirmasi secara umum penggunaan sistem baterai
  • Membuat, dan mempromosikan spesifikasi konsorsium sebagai standar di Eropa badan standar internasional
  • Memperluas penggunaan spesifikasi umum konsorsium ke tingkat global

Konsorsium ini juga akan bekerjasama dengan para pemangku kepentingan dan badan standarisasi nasional, Eropa dan internasional. Hal ini untuk membuat para pendiri konsorsium terlibat dalam pembuatan standar teknis.

Dikatakan bahwa para peserta konsorsium masih memaklumi ketersediaan stasiun pengisian daya bervariasi antar negara. Selain itu informasinya sendiri hingga sekarang masih sangat terbatas ke konsumen.
Baterai Motor Honda

Keempat anggota pendiri konsorsium, mendorong semua pemangku kepentingan yang tertarik untuk bergabung dan memperkaya konsorsium terkait teknis. Kolaborasi ini juga mengatakan membuka diri untuk pihak-pihak lain yang ingin bergabung.

“Baterai motor listrik yang dapat ditukar di Eropa akhirnya siap untuk digunakan. Saya berharap ini akan menjadi langkah awal yang menggambarkan misi kami untuk melakukan perubahan,” ucap Takuya Kinoshita, Senior Executive Officer, Chief General Manager of Land Mobility Business Operations, Yamaha Motor.

Sementara pihak Honda mengatakan bahwa adopsi sepeda motor listrik secara luas memainkan peranan penting dalam memajukan masyarakat. Oleh karena itu, konsorsium hadir dan dibentuk guna menghadapi tantangan di masa depan.[Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar