Selain Desainnya, Berapa Lama Ngecas Motor Listrik juga Jadi Perhatian

Berita Otomotif

Selain Desainnya, Berapa Lama Ngecas Motor Listrik juga Jadi Perhatian

Ngecas motor listrik itu berapa lama yah? Mungkin pertanyaan itu muncul seiring dengan pengguna motor listrik yang mulai banyak.

Ngecas motor listrik itu berapa lama yah? Mungkin pertanyaan itu muncul seiring dengan pengguna motor listrik di Indonesia sudah mulai banyak dijumpai di jalan.

Ada beberapa faktor mengapa motor listrik mulai disukai, pertama harga yang terjangkau dan BBM yang sedang naik harganya saat ini. Selain itu motor listrik juga ttidak memerlukan penggantian oli mesin juga ramah lingkungan.

Motor listrik sekarang sudah tidak lagi berdesain monotone dan aneh, desain yang sekarang sudah dapat diterima karena ada yang menggunakan desain cafe racer, sport bahkan menyerupai Yamaha Nmax.

Waktu Ngecas Motor Listrik Beragam

Namun bagi sebagian orang yang ingin beralih atau membeli motor listrik mereka mempertimbangkan kemudahan pengisian tenaganya/ngecas motor listrik, jika kendaraan konvensional bensin habis tinggal ke SPBU terdekat untuk pengisian bahan bakar.

Sedangkan untuk motor listrik memerlukan pengisian daya atau tenaga, pengisian daya atau tenaga ini membutuhkan waktu yang tidak instan.

Biasanya proses pengisian bergantung dengan beberapa hal seperti kapasitas baterai motor listrik dan port charger.

Sama seperti pengisian baterai smartphone semakin besar kapasitas baterai akan semakin lama juga proses pengisiannya, untuk jangka waktu pengisian antara 3-5 jam yang kami rangkum dari berbagai merk kendaraan listrik.

Tetapi ada juga yang sudah menjalin kerja sama dengan SPBU Pertamina (Swapping Station) jadi pengguna motor listrik hanya perlu datang ke SPBU untuk menukar baterai yang kosong dengan baterai yang penuh. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk saat ini Swapping Station Pertamina ada di 7 titik yaitu SPBU MT Haryono, SPBU Kuningan, SPBU Kemang, SPBU Gandaria City, SPBU Fatmawati, SPBU Permata hijau, dan SPBU Pondok Indah.

Merek-Merek Motor Listrik yang Dijual di Indonesia

Setelah membahas pengisian tenaga motor listrik untuk memberi gambaran motor listrik apa saja yang dijual di Indonesia berikut Mobil123 rangkum dalam list di sini:

Gesits

motor listrik gesit

Merupakan sepeda motor listrik hasil kerja sama Kementerian riset dan teknologi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember(ITS), Gesits memiliki pabrik di Cileungsi, Bogor, Jawa barat.

Gesits saat ini hanya memiliki 1 varian, motor listrik yang pernah digunakan oleh Presiden Joko Widodo ini memiliki 3 pilihan warna yaitu Hitam, Merah dan Putih. Gesit dijual seharga Rp27.970.000 OTR DKI Jakarta.

Motor listrik ini memiliki fitur seperti Digital speedometer, Double disk brake, throttle by wire,lampu utama proyektor HID.

Berikut spesifikasi lengkap Gesits:

Panjang x Lebar x Tinggi

1.947 mm x 674 mm x 1.135 mm

Wheel base

1.290 mm

Motor

Permanent Magnet Synchronous - BLDC Motor

Battery

Li-NCM 72 Volt 20 Ah

Power Output

2000w - Peak Power 5000w

Max. Horsepower

6.7 Hp

Max. Torque

30 Nm

Max. Speed

70 km/h

Max. Range per Battery

Approx. 50 km for Single Battery
Approx 100 km for Dual Battery

Additional Feature

Reverse Transmission System

Drive Mode

Eco Mode - Urban Mode - Sport Mode

Motor Listrik Viar

motor listrik viar q1

Merupakan motor listrik yang dirakit lokal oleh PT Triangle Motorindo selaku Agen Pemegang Merek (APM). Viar memiliki 1 varian motor listrik yaitu New Q1, motor listrik ini dapat menempuh jarak 60 km dengan menggunakan 1 baterai.

Selain memiliki desain yang unik New Q1 juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Indikator LCD negatif, pengisian port USB, dan cakram depan belakang.

Viar New Q1 dipasarkan seharga Rp21.020.000 OTR DKI Jakarta dengan 6 pilihan warna yaitu Hitam, Merah, Hijau, Biru, Putih dan Kuning.

Berikut spesifikasi detail Viar New Q1

Panjang x Lebar x Tinggi

1.680 mm x 690 mm x 1.220 mm

Power motor

800 watt

Jarak tempuh

Satu baterai 60 km

Daya masuk

AC180-240 Volts

Daya keluar

71,4 V 4A

Tipe Baterai

Lithium-Ion (60V 23Ah) bebas maintenance

Pengisian 100% (ngecas motor listrik)

4-5 Jam

United

motor listrik united

Selain memproduksi sepeda dan sepeda listrik United juga memiliki produk motor listriknya yaitu United T1800.

Motor listrik ini dilengkapi dengan fitur yang cukup banyak seperti start/stop engine, speed mode, reverse mode dan bluetooth speaker.

T1800 menggunakan desain yang sedikit berbeda dengan motor listrik pada umumnya yang menggunakan desain membulat, motor listrik ini menggunakan desain garis-garis tajam.

Untuk harga United T1800 dibanderol Rp28.500.000 harga tersebut khusus di DKI Jakarta.

Berikut spesifikasi detail United T1800

 

Panjang x Lebar x Tinggi 

1.865 mm x 715 mm x 1.170 mm

Tipe baterai

Lithium 60V 28Ah

Charger input power voltage

AC 220V

Min Voltage Requirement

Min. 1300w

Lama ngecas motor listrik 

3 Jam

Jarak tempuh 1 kali pengecasan

65 km

Rakata

Rakata merupakan salah satu penyedia motor listrik yang ada di Indonesia, Rakata mempunyai beberapa produk motor listrik seperti Rakata S9, Rakata X5, Rakata NX3 yang memiliki desain seperti Yamaha Nmax, dan Rakata NX8 yang berdesain seperti Honda CB150 R Neo yang tidak dirilis di Indonesia.

Polytron

Selain memproduksi barang elektronik, Polytron juga memproduksi motor listrik dengan nama Polytron Evo.

Motor listrik ini dijual seharga Rp28.000.000 on the road Jakarta, Tangerang, Kudus & Semarang.

Polytron Evo memiliki 5 varian warna yaitu Putih, Merah, Kuning, Abu-abu dan Biru. Fitur yang ada juga cukup lengkap seperti Lampu LED depan dan belakang, 2 baterai yang dapat mencapai 200 km menurut klaimnya dan smart key system.

Detail fitur Polytron Evo

Panjang x Lebar x Tinggi

1.917 mm x 750 mm x 1.150 mm

Maksimum kecepatan

60 km/jam

Tipe Baterai

Lithium NMC 60V 29Ah

Waktu ngecas motor listrik

Kurang lebih 4 jam 

Electric Motor

BOSCH Rear Hub Drive 1500W(3000W Peak Power)

Demikian sebagian merek motor listrik dan modelnya yang hadir meramaikan pasar motor listrik Tanah Air, semoga kedepannya pabrikan besar seperti Honda, Yamaha dan Suzuki juga ikut meluncurkan produk motor listriknya .



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang