6 Honda PCX Electric Dipinjamkan ke Dishub Jawa Barat

Berita Otomotif

6 Honda PCX Electric Dipinjamkan ke Dishub Jawa Barat

BANDUNG – Honda PCX Electric akan digunakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sebagai kendaraan operasional.

Kendaraan tersebut adalah pinjaman dari PT. Daya Anugerah Mandiri, distributor sepeda motor Honda untuk kawasan Jawa Barat. Sedikitnya akan ada 6 Honda PCX listrik yang dipinjamkan selama 6 bulan kedepan.

Hingga berita ini dibuat, belum ada informasi resmi untuk apa motor tersebut akan digunakan dalam 6 bulan ke depan. Dalam postingannya, Dinas Perhubungan Jawa Barat hanya menyampaikan bahwa motor tersebut akan diujicoba.

Honda PCX Electric pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2018 di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Honda PCX Electric mengandalkan dua unit baterai lithium ion berkapasitas 96 volt dengan masing-masing mobile power pack berdaya 48 volt. Dalam sekali pengisian penuh, baterai mampu membawa Honda PCX Electric berjalan sejauh 41 km (kecepatan konstan 60 km/jam dan satu orang pengendara).

Honda PCX Electric
Pengisian ulang baterainya dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama mengisi secara langsung tanpa melepas paket baterai, dapat terisi penuh dalam waktu 6 jam. Kedua, melepaskan paket baterai dari motor dan bakal penuh dalam waktu lebih singkat, 4 jam saja.

Honda PCX Electric sendiri kini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan transportasi. Grab dan Gojek merupakan dua perusahaan yang menjadikan Honda PCX Electric sebagai tunggangan beberapa mitra mereka.

Dengan kehadiran enam sepeda motor listrik tersebut maka artinya pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Ini karena sebelumnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah membeli setidaknya tiga mobil listrik Hyundai. Menariknya, salah satu dari mobil digunakan oleh pihak Kepolisian untuk keperluan pengawalan.

Meski kendaraan listrik belakangan ini sudah mmulai menunjukkan arah yang lebih jelas, tetap saja kendaraan konvensional masih menjadi promadona. Astra Honda Motor selaku APM sepeda motor Honda bahkan baru meluncurkan all-new Honda PCX 160.

Motor tersebut menggunakan mesin 160 cc yang dipercaya mampu menyuguhkan besaran tenaga 15.5 hp pada 8.500 rpm. Sementara torsi puncaknya sebesar 15 Nm pada 6.500 rpm. Hadirnya fitur HSTC semakin memberikan rasa aman dalam mendukung performa terbaik saat melintasi kondisi jalan yang licin, sehingga sensasi kesenangan mengendarai skutik premium ini pun tetap terjaga.

Produk baru AHM ini selain mengusung banyak teknologi terkini, juga memikul target penjualan yang cukup besar. Saingan Yamaha Nmax ini diharapkan bisa terjual sekitar 20 ribu unit setiap bulannya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar