Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Yakin Kembali Jadi Peringkat 3 Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Berita Otomotif

Honda Yakin Kembali Jadi Peringkat 3 Merek Mobil Terlaris di Indonesia

JAKARTA – Honda percaya diri pada akhir 2022 ini mampu merebut lagi posisi yang lepas tahun lalu.

Pada akhir 2021 silam, Honda memang terpaksa melepas posisi tiga merek mobil terlaris di Indonesia kepada Mitsubishi. Sepak terjang mereka di pasar diketahui amat terdampak oleh krisis cip semikonduktor dan komponen global.

Jenama asal Jepang dengan logo huruf ‘H’ ini sendiri harus rela turun ke peringkat empat versi penjualan retail (distribusi dari diler ke konsumen).

Menjelang penutupan 2022, performa Honda di pasar mobil nasional terpantau membaik. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-November memperlihatkan mereka telah kembali menjadi penghuni tiga besar.

Honda BR-V

Business Innovation, Sales, and Marketing PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy yakin akan tetap bercokol di sana sampai tutup tahun.

“Melihat dari kondisi terakhir, kami optimistis bisa berada di posisi ke-3, ya,” tegas dia ketika dihubungi Mobil123.com via pesan singkat pada Kamis (15/12/2022) kemarin.

Menilik data Gaikindo, penjualan retail Honda sepanjang 11 bulan 2022 mencapai 112.120 unit. Pertumbuhannya mencapai 37,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy), dari sebelumnya 81.485 unit.

Pasar mobil nasional sendiri ‘hanya’ tumbuh 19,4 persen yoy, dari 761.880 unit menjadi 909.653 unit. Alhasil, selain naik peringkat, pangsa pasar Honda pun membesar dari sekitar 10,7 persen menjadi 12,3 persen.

Honda HR-V

Billy mengungkapkan bahwa pencapaian pangsa pasar saat ini sudah sesuai dengan target yang mereka canangkan.

“Target kami memang meningkatkan penetrasi pasar dibanding tahun lalu, dari 10,6 persen ke lebih dari 12 persen di 2022 di tengah keterbatasan komponen yang tersedia,” pungkas dia.

Honda ‘bermain’ di pasar mobil Indonesia dengan 11 model. Adapun daftarnya, menurut situs resmi mereka, diisi oleh Honda Brio, Honda City hatchback, Honda WR-V, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda Mobilio, Honda City, Honda Civic RS, Honda Accord, Honda Civic Type R.

Di antara semuanya, ‘anggota keluarga’ terbaru adalah WR-V. Peluncurannya terjadi November 2022, dengan produksi dan suplai mulai Desember 2022. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang