WR-V Jadi Salah Satu Mobil Terlaris Honda di Indonesia pada 2023

Berita Otomotif

WR-V Jadi Salah Satu Mobil Terlaris Honda di Indonesia pada 2023

JAKARTA – WR-V menjadi salah satu model dengan kontribusi penjualan terbesar bagi Honda di Indonesia.

WR-V, menurut keterangan resmi Honda baru-baru ini, berdamping-dampingan dengan Brio dan HR-V sebagai penyumbang penjualan terbanyak bagi Honda untuk periode Januari-Oktober 2023.

Komposisi WR-V dari total penjualan mobil Honda pada 10 bulan pertama 2023 mencapai 14 persen. Adapun sumbangan Brio dan HR-V masing-masing adalah 44 persen serta 20 persen.

WR-V merupakan sport utility vehicle pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang meluncur pada November 2022. Tapi, produksi dan distribusinya di pabrik Honda Karawang baru dimaksimalkan tahun ini, dengan target Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 30 ribu unit.

Honda WR-V

Honda sendiri, dalam kurun Januari-Oktober 2023, secara total membukukan penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) sebanyak 106.637 unit. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year), terjadi pertumbuhan sebanyak 6,7 persen, dari sebelumnya 99.983 unit.

Capaian itu digapai dengan ‘bekal’ 11 model. Model-model Honda yang lain, selain trio Brio-HR-V-WR-V, adalah City sedan, CR-V, BR-V, City hatchback, Civic RS, Civic Type R, Mobilio, Accord.

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar mobil nasional dari perspektif retail, selama 10 bulan pertama 2023, berjumlah 825.691 unit. Kondisi pasar relatif stagnan karena hanya tumbuh 0,4 persen yoy, dari sebelumnya 822.017 unit.

Honda WR-V

“Kami berterima kasih kepada konsumen yang telah menyambut baik produk-produk Honda, sehingga dalam kondisi pasar yang belum stabil di tahun ini, Honda masih mencapai pertumbuhan penjualan yang positif. Hingga akhir tahun ini, kami akan terus berusaha menyegarkan pasar dengan berbagai aktivitas dan program penjualan yang memudahkan konsumen melakukan pembelian mobil Honda,” kata Sales, Marketing, and Aftersales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, melalui pernyataan pers.

Honda, menurut data Gaikindo, masih masuk ke dalam lima besar merek mobil terlaris. Merek asal Jepang ini tepatnya menduduki peringkat ketiga, dengan pangsa pasar yang tumbuh dari 12,2 persen menjadi 12,9 persen.

Peringkat pertama adalah Toyota, dengan penjualan 265.445 unit (tumbuh 0,5 persen yoy) serta pangsa pasar 32,1 persen (sama dengan tahun lalu). Lalu, di posisi kedua, bercokol Daihatsu, dengan penjualan 164.271 unit (naik 4,4 persen yoy) serta pangsa pasar 19,9 persen (naik dari 19,1 persen). [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang