Honda XRE 300 Cocok Jadi Armada Kepolisian

Berita Otomotif

Honda XRE 300 Cocok Jadi Armada Kepolisian

JAKARTA – Honda menghadirkan XRE 300 yang merupakan motor dual-sport dan cocok untuk menjadi armada kepolisian untuk memberantas kejahatan.

Honda sejatinya sudah memiliki motor offroad di kelas 250cc, yakni CRF250 Rally. Namun, sepertinya motor tersebut belum bisa memuaskan para petualang, khususnya di Brazil.

Honda XRE300 hadir untuk para pengguna sepeda motor yang gemar bertualang menelusuri kawasan perkebunan di Brazil. Karena motor dual-sport ini hanya akan dipasarkan di negeri Samba.

Dibandingkan Honda CRF250 Rally, XRE 300 memiliki jok yang lebih lebar. Hal ini tentunya membuat motor ini lebih nyaman dipakai untuk berpetualang dengan durasi yang lebih lama.

Honda XRE 300 memiliki dua buah spakbor depan. Pertama terletak di bawah lampu depan dan satunya lagi menempel pada shockbreaker seperti pada umumnya motor sport. 

 

Honda XRE 300

Hal tersebut memberikan tampilan yang unik, karena spakbor atasnya lancip seperti paruh burung. Perpaduan spakbor tinggi dan suspensi dengan jarak travel yang panjang, menjadi salah satu ciri khas motor adventure.

Motor ini ditopang menggunakan suspensi teleskopik pada bagian depan dan monoshock di belakang. Bannya dual-pupose atau biasa disebut dua alam, sementara rumah rodanya mengandalkan jari-jari yang lebih tangguh menerjang medan menantang.

Jantung pacu kendaraan ini berkapasitas 291.6 cc satu-silinder dan masih mengandalkan pendingin udara. Sumber dayanya dipercaya mampu menghasilkan tenaga maksimal 26 hp dan torsi puncak 27 Nm.

Disebutkan pula bahwa, motor petualang ini mampu dikebut hingga kecepatan 134 km/jam.

Honda XRE 300 dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan meliputi lampu-lampu LED dan panel instrumen digital.

Pada sektor pengereman, kuda besi berlambang Sayap Mengepak ini telah dibekali fitur ABS.
Honda XRE 300 In

Pada bagian depan piringan cakramnya berdiameter 256 mm, sedangkan bagian belakang 220 mm. Kombinasi tersebut dianggap sudah pas untuk menghentikan kendaraan.

Di negeri Samba, Honda XRE 300 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp49.2 jutaan. Sementara untuk versi termahalnya atau ABS Rally dan Adventure diniagakan Rp50.5 jutaan.

Harga motor ini masih lebih murah daripada Honda CRF250 Rally yang dipasarkan di Indonesia seharga Rp75.6 juta. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar