Nasib Generasi Terbaru Honda Jazz di Indonesia Masih Belum Jelas

Berita Otomotif

Nasib Generasi Terbaru Honda Jazz di Indonesia Masih Belum Jelas

JAKARTA – Honda mengaku belum memutuskan akan membawa Jazz versi Jepang ke Indonesia atau tidak karena masih mempelajari tingkat penerimaan para konsumen di Indonesia.

Sekadar mengingatkan, Yusak Billy selaku Business Development, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) pada akhir 2019 sempat mengatakan sedang mempelajari peluang membawa Jazz versi Jepang—yang di sana bernama Fit—ke Tanah Air. Beberapa kemungkinan dibeberkan, seperti meluncurkannya sebagai Jazz generasi baru atau menghadirkannya sebagai model hatchback lainnya.

Model itu mengaspal dalam Tokyo Motor Show 2019 pada penghujung Oktober silam. Penjualannya di ‘Negeri Sakura’ baru bakal dimulai per Februari 2020.

Yusak, ketika ditemui usai peluncuran Civic Hatchback Turbo RS, mengklaim masih melakukan studi. Honda, menurutnya, perlu benar-benar memastikan respons masyarakat Indonesia terhadapnya.

“Jadi, kami harus benar-benar pelajari mana yang cocok untuk kebutuhan konsumen,” ucapnya kepada Mobil123.com di Jakarta pada Kamis (6/2/2020) usai peluncuran Civic Hatchback Turbo RS.

Bicara fitur, Fit dipersenjatai dengan fitur keselamatan aktif canggih yaitu Honda Sensing. Bahkan, ada penambahan lagi kamera depan dengan daya pandang lebar.

Kamera tersebut, dibantu dengan delapan sensor sonar di depan serta belakang, membuat All-new Jazz memiliki Collision Mitigation Braking System jarak pendek. Untuk pasar Jepang, Honda Sensing menjadi fitur standar.

Lebih lanjut, Yusak menerangkan bahwa Fit adalah untuk pasar serta selera konsumen Jepang, termasuk dari sisi desain. Adapun selera konsumen Indonesia, khususnya jika bicara para pembeli Jazz, adalah yang berdesain sporty dan Fit sejauh ini dianggap tidak mewakili selera itu.

“Jazz itu 97 persennya disumbangkan tipe RS,” tandasnya menerangkan sekilas transaksi jual-beli Jazz pada 2019.

Penjualan Jazz pada tahun lalu, berdasarkan data dari Honda, berjumlah 12.361 unit. Sementara itu, total penjualan Honda untuk seluruh model berkisar di 149 – 150 ribu unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar