Honda Kembangkan Teknologi Canggih untuk Keselamatan Para Biker

Berita Otomotif

Honda Kembangkan Teknologi Canggih untuk Keselamatan Para Biker

TOKYO – Honda dikabarkan mulai tertarik dengan teknologi Advance Rider Assistance Systems atau ARAS.

Teknologi ini berfungsi untuk meningkatkan keselamatan pengendara sepeda motor dengan memanfaatkan sejumlah sensor guna meningkatkan kewaspadaan pengemudi dan sepeda motor terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka.

Mulai dari batas kecepatan, marka hingga rintangan di jalan akan terpantau dengan baik, sehingga pengendara akan lebih peduli dengan kondisi di sekitar. Dengan pengendara yang lebih paham terhadap kondisi jalan, maka tentunya tingkat keselamatan akan menjadi lebih baik.

Honda ARAS

Hampir seluruh pabrikan sepeda motor melakukan pengembangan terhadap teknologi ini dan Honda adalah salah satunya.

Honda sendiri dikabarkan saat ini sedang mengembangkan sejumlah sistem radar yang disematkan pada Honda Africa Twin dan Honda Gold Wing.

Menariknya, berdasarkan gambar paten yang tersebar, Honda menggunakan sistem baru yang sama sekali berbeda bila dibandingkan dengan brand-brand lain. Pasalnya pada gambar tersebut menampilkan bahwa, sensor memiliki ukuran kecil dan ditempatkan di belakang lensa lampu depan.

Dengan penempatan ini maka sensor tidak akan mengganggu desain sepeda motor seperti yang selama ini dikeluhkan. Demikian juga sensor tidak akan terganggu dengan beberapa aksesori kendaraan, karena lampu memang harus didesain sedemikian rupa agar tak mengganggu cahaya yang keluar.

Sebenarnya teknologi ARAS sudah dikembangkan oleh Bosch sejak lama, tapi baru beberapa sepeda motor yang menyematkan teknologi tersebut. Motor-motor tersebut adalah Ducati Multistrada V4S, BMW R 1250 RT dan BMW Transcontinental.

Kehadiran dari teknologi tersebut sebenarnya terbilang bermasalah, karena tidak cukup mudah untuk diaplikasikan tanpa mengubah desain sepeda motor. Untuk itu, apa yang dilakukan oleh Honda tentu saja menarik, karena dapat membuat teknologi tersematkan tanpa merusak desain yang ada.

Namun, apakah teknologi tersebut bisa dilihat di motor-motor Honda dalam waktu dekat, tentunya pertanyaan itu akan sulit untuk dijawab. Meski demikian, bila paten tersebut memang akan terus dilanjutkan maka bukan tidak mungkin pabrikan lain juga akan melakukan hal serupa. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar