Membaca Kode MIL pada Sepeda Motor Honda

Panduan Pembeli

Membaca Kode MIL pada Sepeda Motor Honda

Salah satu teknologi yang memudahkan pada sepeda motor Honda adalah kode MIL untuk memberitahu pengendara bahwa ada terjadi kerusakan pada sepeda motornya.

Kode MIL sendiri adalah kode Malfunction Indicator Lamp.

Kode MIL tersebut biasa akan menyala bila ada kerusakan pada sistem injeksi kendaraan, khususnya di sepeda motor Honda. Kode MIL ini umumnya berwarna orange dan akan berkedap-kedip saat kunci kontak dinyalakan.

Membaca Kode MIL Honda

Ada dua jenis kedipan kode MIL pada motor Honda yaitu kedipan pendek dan kedipan panjang. Untuk kedipan pedek, lama kedipan adalah 0,3 detik. Sementara untuk kedepan panjang akan lebih lama yaitu 1,3 detik. Kedipan tersebut akan terus menyala hingga kerusakan diperbaiki.

Demikian juga bila terjadi dua atau lebih kerusakan maka kode akan ditampilkan secara berulang-ulang. Dengan demikian, pemilik atau teknisi bisa melihat jenis kerusakan dan langsung memperbaiki permasalahan yang ada. Perlu diketahui bahwa kedipan panjang memiliki nilai 10 sementara kedipan pendek hanya memiliki nilai 1. Kedipan akan berlangsung dengan jeda padam sekitar 3 detik.

Sebagai contoh terjadi kedipan pendek sebanyak 9 kali, artinya terjadi kerusakan pada intake air temperature. Sementara bila terjadi 2 kali kedipan panjang dan 9 kali kedipan pendek artinya memiliki nilai 29 atau terjadi permasalahan pada intake air cut valve. Tentunya dengan kode MIL ini maka perbaikan bisa dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat bila dibandingkan dengan sebelumnya.

Membaca Kode MIL Honda

Dan berikut adalah kode MIL yang dan jenis kerusakan yang dapat dibaca melalui kode MIL.

  • 1 kali kedipan : terjadi kerusakan pada Manifold Absolute Pressure sehingga menyebabkan akselerasi kurang baik. Mesin tetap dapat bekerja normal namun tenaga pada putaran atas kurang maksimal
  • 7 kali kedipan : terjadi kerusakan pada EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature). Kerusakan ini menyebabkan mesin sulit dihidupkan saat suhu masih rendah dan mesin menjadi lebih cepat panas
  • 8 kali kedipan : terjadi kerusakan pada Throttle Position (TP). Kerusakan ini menyebabkan bahan bakar kurang efisen, akselerasi buruk dan mesin sering mati.
  • 9 kali kedipan : terjadi kerusakan pada Air Intake Temperature. Kondisi ini menyebabkan akselerasi kurang baik dan tenaga tidak optimal sejak putaran menengah.
  • 11 kali kedipan : Terjadi kerusakan pada Sensor VS (Vehicle Speed) atau kecepatan kendaraan. Selain menyebabkan speedometer tidak berfungsi, kondisi ini juga membuat sisten ISS tidak berfungsi.
  • 12 kali kedipan : terjadi kerusakan pada injektor, kasus yang biasa terjadi adalah injector atau rangkaiannya tidak berfungsi. Bisa juga karena kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor Injector. Kerusakan ini membuat mesin tidak dapat dihidupkan.
  • 21 kali kedipan : terjadi kerusakan pada sensor O2/oksigen. Kerusakan ini menyebabkan mesin sulit dihidupkan dan timbulnya bunyi letupan pada bagian knalpot.
  • 29 kali kedipan : terjadi kerusakan pada Idle Air Control Valve (IACV). Kondisi ini menyebabkan mesin sulit dihidupkan dan putaran stasioner kasar
  • 33 kali kedipan : terjadi kerusakan pada Engine Control Module (ECM). Kondisi ini membuat mesin tidak dapat dihidupkan dan mesin sering mati
  • 52 kali kedipan : terjadi kerusakan pada Sensor CKP (Crankshaft Position). Kasus ini biasa disebabkan Sensor CKP atau rangkaiannya tidak berfungsi. Bisa juga disebabkan oleh kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor CKP. Kerusakan ini menyebabkan mesin sering mati/sulit dihidupkan, putaran stasioner kasar dan akselerasi kurang di semua kecepatan
  • 54 kali kedipan : terjadi kerusakan pada Bank Angle Sensor. Kondisi ini membuat sensor bank angle tidak bekerja sehingga mesin tetap hidup pada saat sepeda motor jatuh.

Tak Harus Pergi ke Bengkel Resmi

Membaca Kode MIL Honda

Dengan memahami Kode MIL yang tersedia pada sepeda motor berteknologi Program Fuel Injection atau biasa dikenal dengan PGM-FI, maka pelanggan tidak perlu terlalu panik ketika melihat kode menyala. Cukup dengan mendatangi bengkel terdekat dan melakukan perbaikan seperlunya sehingga motor dapat bekerja secara optimal seperti biasa.

Perbaikan pun bisa dilakukan secara lebih cepat dan tepat karena teknisi bisa langsung fokus mengerjakan kerusakan. Pelanggan pun tidak perlu membuang waktu terlalu lama di bengkel sehingga mobilitas tetap terjaga.

Meski merupakan teknologi terbaru, untuk melakukan perawatan sepeda motor dengan sistem PGM-FI tetap mudah. Bahkan, pelanggan tidak harus melakukannya di bengkel resmi. Hal ini karena teknologi ini sudah cukup banyak digunakan di sepeda motor Honda dan bengkel-bengkel umum sudah terbiasa untuk melakukan perawatan.

Dengan ini tentunya akan memudahkan pelanggan dalam melakukan perawatan sepeda motor karena tidak semua orang memiliki akses untuk ke bengkel resmi. Namun tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus diikuti.

Salah satunya adalah dengan menggunakan oli yang tepat. Pasalnya oli merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kesehatan mesin. Selain itu, kebersihan filter udara juga sangat krusial mengingat efisiensi bahan bakar sangat ditentukan pada kualitas udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

Keuntungan Sistem Injeksi PGM-FI pada Sepeda Motor Honda

Membaca Kode MIL Honda

Sebagai informasi bahwa Kode MIL di Honda hanya bisa ditemukan pada motor yang menggunakan sistem injeksi atau yang biasa dikenal sebagai PGM-FI saja. PGM-FI adalah sistem injeksi bahan bakar elektronik digital yang digunakan untuk memasok bahan bakar dan oksigen dengan takaran yang tepat sesuai kebutuhan disetiap kondisi.

Sistem ini mengandalkan beragam komponen sensor yang mengirimkan sinyal ke pusat kontrol mesin ECM (Engine Control Module). Sinyal tersebut memberikan perintah kepada komponen di dalam mesin untuk mengeluarkan oksigen dan bahan bakar secara tepat sehingga menghasilkan tenaga optimal dengan pembakaran maksimal.

Hasilnya tentu saja memiliki beragam keuntungan mulai dari efisiensi bahan bakar hingga emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan. Kedua hal ini memang merupakan hal-hal yang paling menjadi perhatian konsumen kendaraan bermotor belakangan ini.

Dan berikut adalah keuntungan-keuntungan dari sistem PGM-FI

Lebih Ramah Lingkungan

Dengan memadukan sensor terbaru dan catalytic converter, PGM-FI mampu menekan gas buang dan menekan emisi hingga 90% dibandingkan dengan teknologi kovensional. Teknologi ini membuat kendaraan memenuhi standard regulasi Euro 3 sehingga lebih ramah lingkungan dan menjaga udara tetap bersih tanpa mengurangi kesenangan berkendara.

Lebih Irit Bahan Bakar

Pengguna sepeda motor sangat peduli terhadap efisiensi bahan bakar dan sistem PGM-FI menjawab kebutuhan tersebut. Honda mengklaim bahwa dengan menggunakan sistem ini dapat menghemat bahan bakar hingga 17% bila dibandingkan dengan teknologi konvensional berkat optimalisasi pasokan bahan bakar dan oksigen.

Lebih Bertenaga

Sebelum digunakan pada kendaraan di masyarakat, teknologi ini sudah digunakan pada sepeda motor di ajang MotoGP. Ini menunjukkan bahwa teknologi PGM-FI mampu memberikan tenaga lebih optimal pada kendaraan.

Mudah Dinyalakan

Kelemahan dari teknologi konvensional adalah sulitnya sepeda motor untuk dinyalakan khususnya ketika sepeda motor terlalu lama di kondisi mati. PGM-FI menjawab tantangan tersebut sehingga sepeda motor dapat lebih mudah untuk dinyalakan dalam beragam kondisi baik suhu dingin maupun panas.

Perawatan Lebih Mudah

Salah satu keunggulan dari teknologi PGM-FI ini adalah adanya kodel MIL yang dapat mengidentifikasi gangguan kendaraan. Dengan ini perawatan kendaraan menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Bisa Digunakan dengan Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Meski tidak disarankan, teknologi PGM-FI tetap mampu digunakan dengan menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah sekalipun. Namun tentunya hasil yang didapatkan tidak akan maksimal bila dibandingkan dengan menggunakan Bahan Bakar berkualitas.

[Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar