Honda Beli Saham Perusahaan China Demi Baterai Mobil Listrik

Berita Otomotif

Honda Beli Saham Perusahaan China Demi Baterai Mobil Listrik

BEIJING – Honda Motor Corporation membeli saham perusahaan China bernama Contemporary Amperex Technology (CATL) yang memproduksi baterai mobil listrik.

Pabrikan otomotif asal Jepang ini, seperti dilaporkan Automotive News pada akhir pekan lalu, mengumumkan akuisisi 1 persen saham CATL. Keduanya bersepakat mengembangkan baterai mobil listrik bersama-sama.

CATL sendiri bukan korporasi sembarangan. Perusahaan yang bermarkas di Ningde tersebut adalah produsen baterai mobil listrik terbesar dunia.

Mereka juga menjadi penyuplai untuk banyak merek otomotif tersohor. Di samping menjadi pemasok Toyota, CATL merupakan distributor Volkswagen (VW), BMW maupun Tesla.

CATL memiliki pabrik di China dan sedang membangun fasilitas yang sama di Jerman. Ekspansi pabrik ke Amerika Utara kini dalam pertimbangan. Mereka juga mempunyai kantor cabang di Yokohama.

Pabrikan – pabrikan otomotif sekarang banyak yang menggandeng berbagai perusahaan ‘Negeri Tirai Bambu’, demi mengakselerasi riset mobil listrik beserta berbagai teknologinya. Toyota berkolaborasi dengan lima merek mobil China, sedangkan Honda Motor China Investment membentuk joint venture (perusahaan patungan) dengan Neusoft Reach Automotive Technology Shanghai.

Lebih lanjut, Honda plus CATL dalam pernyataan resmi mereka membeberkan rencana pengembangan teknologi baterai mobil listrik sekaligus bisnis daur ulangnya. Honda bakal meluncurkan mobil listrik pertama yang menggunakan baterai dari CATL pada 2022, untuk para konsumen di negara komunis itu.

CATL, yang beberapa waktu lalu berhasil membuat baterai dengan jangka waktu pemakaian hingga 2 juta km, di masa depan bakal pula memasok untuk pasar global Honda.

Honda sudah merangkul cukup banyak perusahaan demi mobil listrik. Selain bersepakat dengan Neusoft plus CATL, mereka telah membentuk joint venture dengan pabrikan China GAC. Hasil kolaborasi keduanya ialah crossover Everus VE-1 yang dijual sejak tahun lalu.

Dari negeri sendiri, ada kerja sama dengan Hitachi untuk pengembangan, produksi, maupun penjualan motor penggerak kendaaan hybrid, plug-in hybrid, hingga mobil listrik murni. Untuk pasar Amerika Utara, Honda sudah berpartner dengan General Motors mengembangkan dua model mobil listrik maupun teknologi mobil hidrogen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar