Honda Hanya Jual Mobil Listrik di Eropa pada 2025

Berita Otomotif

Honda Hanya Jual Mobil Listrik di Eropa pada 2025

JENEWA – Honda mengumumkan target ambisius untuk hanya menjual mobil listrik di Eropa pada 2025, baik yang listrik murni maupun hybrid.

Pengumuman tersebut, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com baru-baru ini, dilakukan di sela-sela keikutsertaan Honda di Geneva Motor Show 2019, 7 – 17 Maret ini. Pabrikan asal Jepang tersebut mencanangkan kontribusi mobil listrik terhadap penjualan mereka di ‘Benua Biru’ sekitar enam tahun dari sekarang harus mencapai 100 persen.

Target itu merupakan revisi dari target sebelumnya yaitu dua pertiga atau 66 persen dari penjualan Honda di Eropa.

“Sejak visi Honda 2030 pertama kali diumumkan pada Maret 2017 lalu, kami terus melangkah menuju target kami yaitu seluruh penjualan kami di Eropa kelak berasal dari mobil listrik. Berbagai tantangan yang dihadapi menuntut kami untuk menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan bagi mobilitas manusia. Teknologi terus berkembang pesat dan masyarakat juga mulai merubah pandangannya terhadap mobil itu sendiri,” kata Tom Gardner selaku Senior Vice President Honda Motor Europe.

Honda sendiri belum lama ini melakukan restrukturisasi basis produksi global secara besar-besaran demi mengakselerasi perkembangan model-model mobil listrik mereka. Kebijakan ini membuat beberapa pabrik mereka ditutup dalam waktu dekat dan salah satu ‘korban’ adalah pabrik perakitan Honda Civic Type R di Swindon, Inggris.

Keseriusan Honda ‘melistrikkan’ Eropa ditunjukkan lewat peluncuran perdana global Honda e Prototype. Model purwarupa ini bakal menjadi mobil listrik murni pertama Honda di region tersebut, dengan produksi massal yang dilakukan pada akhir 2019.

Sedikit informasi, e Prototype berjarak tempuh 200 km dan berteknologi fast charging 80 persen dalam 30 menit. Rasa berkendaranya diklaim lebih menyenangkan karena didukung penggerak motor elektrik pada roda belakang.

Teknologi hybrid juga memainkan peranan penting pada target 2025. Di antaranya lewat All-New Honda CR-V hybrid yang didukung teknologi full hybrid i-MMD dengan dua motor penggerak dan sudah meluncur sejak awal 2019.

Di luar mobil listrik, Honda juga mengembangkan energy management solutions yang diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2017. Ada pula teknologi bi-directional Honda Power Manager agar kelak para konsumen dapat menjual energi listrik dari kendaraan mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support