Hitachi Bangun Pabrik Komponen Mobil Listrik di 3 Negara

Berita Otomotif

Hitachi Bangun Pabrik Komponen Mobil Listrik di 3 Negara

TOKYO – Hitachi mengumumkan rencana investasi pabrik komponen mobil listrik di tiga negara. Sayang, Indonesia tak masuk dalam daftar itu.

Pabrik-pabrik baru Hitachi yang akan memproduksi komponen mobil listrik, seperti dilaporkan Nikkei Asian Review belum lama ini, nantinya berlokasi di Jepang, Amerika Serikat, serta China. Pembangunan direncanakan berlangsung mulai akhir tahun depan.

Berbagai fasilitas baru tersebut bakal membuat total kapasitas produksi komponen mobil listrik Hitachi bertambah enam kali lipat. Korporasi yang bermarkas di Chiyoda, Tokyo, Jepang ini sendiri merupakan salah satu pemasok komponen kunci mobil listrik terbesar dunia.

komponen mobil listrik dari Hitachi

Pabrik di Kentucky, Amerika Serikat nantinya memproduksi motor penggerak bagi kendaraan listrik. Adapun komponen inverter (pengubah arus listrik) kelak dirakit di prefektur Miyagi, Jepang dan juga di provinsi Guangdong, China.

 Selain untuk mobil listrik murni, komponen-komponen itu juga bisa digunakan di kendaraan hybrid.

Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, sebenarnya sedang gencar mengundang produsen-produsen komponen kendaraan listrik untuk menanamkan modal di negeri ini dan membangun pabrik. Akan tetapi, memang, semua korporasi yang tertarik sejauh ini adalah para produsen baterai karena bumi Nusantara memiliki cadangan nikel terbanyak di dunia.

Tak main-main, mereka merupakan para pembuat dan pemasok baterai terbesar sejagad; CATL asal China plus LG Chemical asal Korea Selatan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan

Pemerintah mengiming-imingi pihak yang membuat pabrik komponen mobil listrik maupun pabrik kendaraan listrik di sini dengan banyak insentif. Misalnya saja mini tax holiday, tax holiday, atau super tax deduction.

Lebih lanjut, Hitachi sendiri bertanggungjawab mendistribusikan sekitar 10 persen dari permintaan komponen motor penggerak kendaraan listrik dunia. Tidak ada yang lebih banyak dari mereka dalam sektor ini.

Hitachi juga menjadi pemasok komponen inverter kendaraan listrik ketiga terbesar. Adapun kontribusinya mencapai 10 persen dari permintaan dari industri otomotif global.

Kebanyakan bisnis komponen mereka kini ditangani melalui anak perusahaan bernama Hitachi Astemo yang baru didirikan awal tahun ini serta terintegrasi dengan tiga perusahaan pembuat komponen Honda Motor Corporation.

Sebanyak sekitar 40 persen penjualan komponen mereka bakal ‘lari’ ke kendaraan-kendaraan listrik Honda. Lalu, sekitar 10 persen lainnya sudah diamankan oleh mobil-mobil listrik aliansi Renault-Nissan. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar