Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hino Satu-satunya Truk yang Dapat Sertifikat TKDN, Komponen Lokalnya 40 Persen!

Berita Otomotif

Hino Satu-satunya Truk yang Dapat Sertifikat TKDN, Komponen Lokalnya 40 Persen!

JAKARTA – Truk-truk Hino baru saja mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari pemerintah Indonesia.

Sebanyak 10 tipe truk Hino, menurut keterangan resmi pada awal pekan ini, mendapatkan sertifikat TKDN dari pemerintah.

Merek asal Jepang ini mengeklaim sebagai kendaraan niaga pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi tersebut.

Hino sendiri baru saja melakukan perubahan nama untuk seluruh model truk mereka, sesuai dengan standardisasi global baru yang lebih simpel.

Hino300 Dutro menjadi Hino 300, Hino500 Ranger menjadi Hino 500, dan Hino700 Profia menjadi Hino Hino 700.

truk Hino

Lebih lanjut, kesepuluh tipe truk Hino yang mendapatkan sertifikat TKDN ialah Hino 300 - 115 SD, Hino 300 - 136 MDL, Hino 300 - 136 HD, Hino 300 - 136 HDX, Hino 300/Microbus 115 SDB, Hino 300/Microbus 115 SDBL, Hino Bus GB 150 MT, Hino Bus GB 150 L AT, Hino 500 FG 260 JJ, dan Hino 500 FM 280 JD.

Nilai penjumlahan TKDN plus Bobot Manfaat Perusahaan dari truk-truk ini mencapai lebih dari 40 persen.

Hino pun mengeklaim bahwa sasis ataupun kendaraan mereka di pasar otomotif Tanah Air sekarang bisa dikatakan sebagai ‘produk dalam negeri’.

truk Hino

“Hino memiliki pabrik di Indonesia dengan berinvestasi, berlokasi, dan berproduksi di Indonesia. Ini membuktikan Hino sebagai produsen kendaraan niaga terkemuka di negara ini. Dengan menjadi buatan dalam negeri tentu saja, pelanggan tidak perlu khawatir untuk ketersediaan dan kemudaahan layanan purnajual Hino,” kata Chief Operating Officer PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo.

Proses sertifikasi TKDN dilakukan oleh PT Surveyor Indonesia, dengan pengawasan dari Kementerian Perindustrian.

Proses tersebut menyertakan audit menyeluruh terkait fasilitas produksi Hino, rantai pasokan, plus jenis atau jumlah komponen yang diproduksi secara lokal.

“Pencapaian ini merupakan bukti dari kerja keras dan dedikasi Hino untuk turut membangun ekonomi di Indonesia melalui peningkatan penggunaan produksi dalam negeri, meningkatkan kesempatan kerja baik itu langsung, maupun tidak langsung melalui seluruh pemasok kami yang terlibat dalam proses produksi” tegas Santiko. [Xan/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang