Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Truk ‘Petarung’ Mitsubishi Fuso akan Dirakit di Indonesia

Berita Otomotif

Truk ‘Petarung’ Mitsubishi Fuso akan Dirakit di Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi Fuso mengungkapkan bahwa calon truk baru mereka yaitu Fighter, yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘petarung’, bakal dirakit secara lokal di Indonesia tak lama dari sekarang, menyusul model-model lainnya.

Fighter truk menengah (medium duty truck/MDT) dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2018, sebelum diluncurkan pada tahun ini. Pameran khusus kendaraan niaga ringan, truk, dan bus itu digelar di Jakarta  Convention Center (JCC) pada 1-4 Maret 2018.

“Fighter ini sudah disiapkan untuk (dijual pada) 2018. Segera diluncurkan. Waktunya di semester pertama,” ungkap Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Duljatmono pada Jumat (2/3/2018) di JCC. Ia berbicara dalam Annual Media Gathering Mitsubishi Fuso 2018.

Menurut dia, pada awal penjualan, Fighter dirakit sebagian (inclompletely knock down/IKD) di pabrik Mitsubishi Fuso Pulogadung. Namun, pihaknya akan secara bertahap merakitnya secara penuh (completely knock-down/CKD).

Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB Takahiro Yoshitatsu menambahkan Fighter ditargetkan sudah dirakit total di  Tanah Air pada 2021, saat regulasi EURO 4 untuk mesin diesel sudah diterapkan.

“Saat Euro 4 mulai, kami selesaikan sistem (CKD) itu,” tandasnya.

Fighter, tambah Duljatmono lagi, merupakan calon andalan Mitsubishi Fuso dalam menyambut regulasi EURO 4 pada 2021 karena spesifikasi emisi gas buangnya sudah sesuai dengan yang diinginkan Pemerintah. Model ini juga diandalkan untuk menambah pangsa pasar Mitsubishi dari 18,6 persen di  2017  menjadi 23 persen di 2018 dan 25 persen di 2020 di segmen MDT.

Kemungkinan, akan ada empat varian yang diperkenalkan tahun ini yaitu Fighter FM65FS HiGear 4x2 Cargo, Fighter FN61FM HD 6x2 Tank, Fighter FN62F HD 6x4 Dump, dan Fighter FN 62F Tractor Head 6x4.

“Untuk tipe 4x2 tentu permintaan pasarnya sama dengan karakter sekarang, tapi tentu pilihan konsumen jadi lebih banyak. Untuk logistik, juga untuk perusahaan yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. Dump truck untuk kargo juga ada. Truk 6x2 lebih spesifik. Lebih banyak di kargo. Truk 6x4 lebih  banyak dam truck untuk  perkebunan, pertambangan, sawit,” jelas Duljatmono.

Dalam tiga tahun ke depan, Mitsubishi Fuso bersiap mengaspalkan 16 varian truk petarungnya itu di Nusantara. [Xan/Idr]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang