Harga Suzuki Jimny Terkini, Masih Rp 372,5 Juta untuk Tipe Terendah

Berita Otomotif

Harga Suzuki Jimny Terkini, Masih Rp 372,5 Juta untuk Tipe Terendah

JAKARTA – Harga Suzuki Jimny pada Juni 2020 masih sama dengan Mei 2020, yaitu Rp 372 juta-an on-the-road Jakarta.

Harga Suzuki Jimny sudah naik dua kali selama masa pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia, yaitu pada April dan Mei 2020 kemarin. Pandemi sendiri pertama kali diketahui masuk Indonesia pada 2 Maret 2020, ketika Presiden Joko Widodo mengumumkannya.

Pada Juni ini, berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resmi Suzuki Indonesia, harga on-the-road Jakarta Jimny masih berada di level yang sama dengan sebulan sebelumnya. Varian terendah yakni MT Single Tone masih Rp 372,5 juta.

Jimny, di Tanah Air, terdiri dari empat varian. Berikut rincian varian serta harganya:

  • Jimny MT Single Tone Rp 372,5 juta
  • Jimny AT Single Tone Rp 385 juta
  • Jimny MT Dual Tone Rp 375,5 juta
  • Jimny AT Dual Tone Rp 388 juta

Pada Mei sendiri, banderol sport utility vehicle (SUV) ikonik Suzuki ini naik antara Rp 10 – 11 juta jika dibandingkan dengan sebulan sebelumnya. Sementara itu, pada April, harganya meningkat Rp 15 juta ketimbang Maret 2020.

Jimny pertama kali mengaspal di Nusantara dalam pameran Gaikindo Indonesia International pada Juli 2019. Harga on-the-road Jakarta permulaannya tak jauh di atas Rp 300 juta, tepatnya Sebelum kenaikan, banderolnya adalah Rp 315.500.000 (Single Tone MT), Rp 328.000.000 (Single Tone AT), Rp 317.500.000 (Dual Tone MT), Rp 330.000.000 (Dual Tone AT).

Karena produksinya di Jepang yang tidak mengimbangi permintaan, indennya bisa amat lama. Di kota-kota besar, indennya bisa mencapai 20 tahun dan masih ada yang ingin menunggu. Suzuki Indonesia kini sedang berjuang menjadi negara kedua yang memproduksi Jimny, bersaing dengan India.

Eksterior dan Interior
Tampilan luar Jimny generasi keempat ini kembali lagi kepada garis desain generasi pertama. Kemiripan dari generasi pembuka amat terlihat pada desain bonnet depan, lampu bundar sempurnya, maupun bentuk gril seperti versi facelift generasi kesatu (LJ20).

Kesan sebuah SUV off-road lawas pun masih terasa di dalam. Tidak ada lekuk-lekuk yang mengalir dinamis pada dasbor. Meter cluster juga berbentuk membulat dan masih memakai jarum analog.

Nuansa sedikit modern hadir lewat head unit touchscreen plus Multi Information Display digital di Meter Cluster. Fitur ini antara lain bisa memperlihatkan konsumsi BBM rata-rata maupun jarak tempuh kendaraan.

Rem tangan masih berbentuk tuas dan berada di antara kursi pegemudi dan penumpang baris pertama. Begitu pula kontrol mode 2WD, 4WD-H, dan 4WD-L pada Jimny teranyar.

Spesifikasi dan Fitur Modern
Jimny memiliki mesin 1.5-liter berkode sama dengan yang ada di All-New Ertiga maupun All-New Carry yakni K15B, tapi dengan beberapa penyesuaian. Tenaga maupun torsinya adalah 100 hp dan 130 Nm. Mesin dipadukan dengan transmisi manual atau otomatis.

Crawling rationya ciamik, yaitu 36:1 untuk transmisi manual dan 32:1 untuk girboks otomatis. Ada fitur-fitur bantuan pengemudian aktif seperti Hill Descent Control, Hill Hold Control, Traction Control, Electronic Stability Programme maupun Brake LSD Traction Control untuk respons pengereman lebih cepat dan kinerja pengereman lebih tinggi di permukaan licin.

Rentetan fitur modernnya tak berhenti sampai di situ. Masih ada lagi fitur Cruise Control. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar