Test Drive Suzuki Jimny: Menikmati SUV Ikonik di Habitatnya

Berita Otomotif

Test Drive Suzuki Jimny: Menikmati SUV Ikonik di Habitatnya

TANGERANG - Untuk sebagian orang, apalagi yang sudah berusia sekitar 40 tahun atau lebih, Suzuki Jimny adalah sebuah cerita masa kecil. Memori inilah yang sepertinya ingin dibawa-bawa lagi oleh Suzuki pada Jimny generasi keempat, tapi tentunya dengan penambahan fitur-fitur modern yang meningkatkan kemampuannya.

Melihat Jimny generasi keempat, yang meluncur di Tanah Air dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 Juli kemarin di Serpong, Tangerang, memang mengingatkan pada masa-masa awal Jimny. Aura nostalgia itu paling kuat terdapat pada desain bonnet maupun bentuk lampu depan Jimny yang kembali membulat seperti pada generasi pertama (1970-1981).

Sementara, grille depan mobil seharga on-the-road Jakarta Rp 335,5 juta- Rp 350 juta itu dibuat seperti versi facelift dari generasi pertama (LJ20) yang berbentuk kisi-kisi vertikal. Saat masuk ke kabin, kesan lawas--entah sengaja atau tidak--sangat tampak dari desain dasbor dengan pegangan di depan penumpang dan desain speedo meter plus indikator rpm yang membulat.

Sentuhan sedikit modern pada meter cluster terdapat pada Multi Information Display digital yang antara lain bisa memperlihatkan konsumsi BBM rata-rata maupun jarak tempuh kendaraan.

Rem tangan maupun kontrol mode 2WD, 4WD-H, dan 4WD-L masih berupa tuas yang terletak di antara kursi pengemudi dan penumpang depan. Namun, hal ini mungkin masih bisa diwajari karena Jimny masih diposisikan sebagai SUV compact dengan harga relatif terjangkau hingga saat ini.

Perbedaan fitur tipe transmisi manual dengan transmisi otomatis untuk Jimny di Indonesia hanya pada head unit toucscreen. Sisanya sama, termasuk di antaranya pengontrol audio, bluetooth serta telepon di lingkar kemudi maupun Cruise Control.

Performa di Medan Non Aspal

Dengan banderol Rp 300 juta plus, rasanya beberapa pemilik tak rela untuk membawa Jimny anyarnya bermain di medan off-road. Mereka praktis hanya menjadikan kendaraan-kendaraan perkotaan saja. Namun pada kesempatan pengujian kali, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) justru mengajak journalis media-media nasional termasuk Mobil123.com untuk membawa si SUV kompak ini bermain tanah di Sirkuit Pagedangan, Serpong.

Seperti kita ketahui, Jimny memiliki mesin 1.5-liter berkode sama dengan yang ada di All-New Ertiga maupun All-New Carry yakni K15B, tapi dengan beberapa penyesuaian. Tenaga maupun torsinya adalah 100 hp dan 130 Nm.

Memang terkesan moderat untuk sebuah SUV yang kerap untuk dipakai off-road. Tapi, dalam sesi pengujian ini, Jimny bak bocah yang bermain di halaman rumahnya alias kembali ke habitatnya.

Bodi kompak  ditambah crawling ratio ciamik serta fitur-fitur bantuan pengemudian aktif seperti Hill Descent Control, Hill Hold Control, Traction Control pada Jimny membuatnya lincah melibas tanjakan maupun turunan tanah kering bersudut hingga 45 derajat yang tersaji di Sirkuit. Masih ada lagi Electronic Stability Programme maupun Brake LSD Traction Control untuk respons pengereman lebih cepat dan kinerja pengereman lebih tinggi di permukaan licin.

Berdasarkan perhitungan Mobil123.com sebelum ini dari data-data rasio gigi 1, rasio transfer case low, serta rasio final gear didapat angka crawling ratio 36:1 pada transmisi manual dan 32:1 untuk transmisi otomatis.

Suspensinya sekarang lebih empuk tapi punya bantingan yang cukup rigid di medan off-road berkat3-Link Rigid Axle with Coil Spring di depan maupun belakang. Travel suspension juga cukup panjang melewati rintangan jungkat-jungkit yang bisa membuat roda belakang maupun depan bergelantungan secara bergantian.

Begitu pula dengan overhang Jimny yang masih menggambarkannya sebagai SUV off-road. Approach Angle Jimny generasi keempat adalah 37 derajat, sedangkan Ramp Breakover Angle dan Departure Angle masing-masing 28 derajat serta 49 derajat.

Akhirnya, jika Anda beruntung bisa menjadi pemilik Jimny generasi terbaru ada baiknya sesekali mengajaknya bermain di area non aspal. Dan bukan masalah untuk menaklukkan medan-medan lebih berat dari yang Mobil123.com temui saat pengujian kali ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar