Harga Honda CBR600RR Tembus Rp 200 juta

Berita Otomotif

Harga Honda CBR600RR Tembus Rp 200 juta

TOKYO – Honda resmi memasarkan CBR600RR seharga Rp 200 jutaan dengan target terjual 1.000 unit pertahun.

Motor kelas super sport ini sudah tersedia di dealer-dealer Honda Dream Jepang. Berbagai pengembangan dilakukan untuk memberikan pengalaman lebih baik. New CBR600RR hadir dengan sistem elektronik baru dan teknologi aerodinamis yang menambah performa kendaraan.

New CBR600RR mengusung mesin 599 cc 4-silinder segaris DOHC berpendingin cairan. Jantung mekanis kendaraan ini dikatakan didukung dengan sistem elektronik yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, teknologi aerodinamisnya juga dibekali inovasi terkini.

“CBR600RR dikembangkan sebagai motor super sports yang mampu memberikan para pengendara kenikmatan berkendara, dari kendaraan balap namun tetap nikmat digunakan harian. Pengembangan juga fokus pada manuver yang lebih baik daripada model sebelumnya,” tulis Honda dalam laman resminya.

Mesin 599 cc Honda 2BL-PC40 ini dipercaya mampu menghasilkan daya sebesar 119 hp pada 14.000 rpm dan torsi puncak 64 Nm pada 11.500 rpm. Dikatakan beberapa komponen seperti kem, per klep dan kruk as menggunakan material baru. Hasilnya mesin mampu meraung hingga 14.000 rpm.

Guna meningkatkan kecepatan mesin dalam menghasilkan daya, pabrikan berlambang Sayap Mengepak ini melakukan peningkatan diameter (bore) piston serta membentuk ulang intake. Selain itu pabrikan motor yang identik dengan warna merah ini merancang ulang dimensi knalpot.
harga Honda CBR600RR

Sementara untuk mendinginkan ruang bakar kendaraan, Honda memberikan sentuhan pada pada jalur air pada kepala silinder. Tidak hanya itu, katup gas buang juga diperbesar untuk bisa memenuhi semburan hasil dari ruang bakar.

Honda CBR600RR disandingkan dengan IMU (Inertial Measurement Unit) untuk mengendalikan kendaraan. Dengan menggabungkan karakter mesin dengan ABS dan Honda Selectable Torque Control (HSTC), motor ini diyakini menyenangkan diajak bermanuver menggunakan berbagai kondisi berkendara.

Fitur terkini yang diusung motor ini meliputi Throttle-by-Wire (TBW) dan dijodohkan dengan Accelerator Position Sensor (APS). Dua perangkat elektronik tersebut menjamin pengendara bisa mendapatkan tenaga motor yang sesuai dengan bukaan grip gas. Adapun fitur lainnya meliputi Power Selector, Wheelie Mitigation Control dan Selectable Engine Brake.

Honda CBR600RR dipasarkan untuk pasar Jepang dengan harga Rp 225 juta. Sementara pihak pabrikan berharap motor ini mampu diserap pasar sebesar 1.000 unit setiap tahunnya. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar