Hampir Separuh Prospek Penjualan Toyota Saat Pandemi dari Jalur Online

Berita Otomotif

Hampir Separuh Prospek Penjualan Toyota Saat Pandemi dari Jalur Online

JAKARTA – Pandemi virus Corona (Covid-19) mendorong Toyota untuk beralih ke penjualan daring (online) lebih cepat dari rencana semula.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), dalam diskusi virtual bertajuk KompasTalk pada akhir September 2020 sempat mengatakan mereka sebenarnya sudah punya rencana digitalisasi layanan penjualan dan purnajual dari sebelum pandemi. Akan tetapi, pelaksanaannya memang jadi dipercepat gara – gara pandemi yang masuk ke Tanah Air sejak bulan ketiga.

Dalam konferensi pers virtual peluncuran Kijang Innova facelit serta Fortuner facelift pada 15 Oktober 2020, Anton lanjut membahas mengenai hal ini. Menurut dia, sejak pandemi menerpa, Toyota belum melakukan lagi aktivitas pameran luring (offline) dan berpindah ke pameran – pameran digital.


Merek mobil asal Jepang ini aktif menyelenggarakan berbagai pameran online, baik yang bekerja sama dengan pihak lain maupun sendiri. Kontribusi jalur online terhadap bisnis Toyota di Indonesia pun makin signifikan.

“Dulu itu paling – paling 15 – 20 persen. Sekarang, hampir setengah dari prospek penjualan masuknya dari jalur digital,” terang dia.

Penjualan mobil nasional Januari – September tahun ini sendiri anjlok di kisaran 50 persenan gara – gara pandemi, meski empat bulan belakangan penjualan naik secara beruntun. Tidak ada pabrikan roda empat yang lolos dari gangguan pandemi, termasuk Toyota.

Sejak awal tahun hingga akhir kuartal ketiga, Toyota, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) membukukan wholesales (distribusi pabrik ke dealer) 110.863 unit atau turun 54,6 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year) yang berjumlah 244.430 unit.

Secara retail (dari dealer ke konsumen), penjualan Toyota 128.076 unit. Volumenya jatuh 46,5 persen year on year, dari sebelumnya 239.417 unit.

Meski perekonomian serta pasar otomotif 2020 amat terganggu oleh pandemi, Toyota tetap luar biasa agresif meluncurkan model – model baru. Hingga berita ini dinaikkan, sudah ada 12 model yang mereka perkenalkan.

Model – model itu adalah Alphard minor change, Vellfire minor change, Prius PHEV, Agya facelift, Corolla Cross, Kijang Innova TRD Sportivo Limited Editon, Sienta Welcab, Hilux facelift, Yaris facelift, Supra facelift, Kijang Innova facelift dan Fortuner facelift. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar