Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gejala yang Timbul Saat Fuel Pump Sudah Rusak

Panduan Pembeli

Gejala yang Timbul Saat Fuel Pump Sudah Rusak

Salah satu masalah yang dapat dialami mobil adalah rusaknya pompa bahan bakar atau fuel pump. Oleh sebab itu, perlu diketahui gejala, sebab, dan solusinya.

Pada umumnya, semua mobil modern dengan mesin pembakaran dalam dilengkapi oleh sebuah komponen penting, yaitu pompa bahan bakar (fuel pump).

Sesuai dengan namanya, komponen ini berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangka menuju ruang pembakaran dalam mesin.

Ketika kunci kontak diputar, fuel pump diaktifkan dan diberi tekanan. Ini ditandai dengan suara dengungan kecil ketika mesin sedang berjalan.

Dilihat dari fungsinya ini, fuel pump adalah komponen yang sangat penting untuk sebuah kendaraan. Dengan mengirimkan bahan bakar ke mesin, kendaraan pun bisa berjalan dengan normal.

Dan tentu saja, jika fuel pump ini rusak, maka bisa menimbulkan masalah yang serius. Gejalanya akan sangat terasa ketika berkendara dengan kondisi fuel pump bermasalah.

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil, ada baiknya untuk kita mengetahui tanda-tanda, penyebab, dan solusi ketika fuel pump rusak supaya bisa dibetulkan dengan segera.

Fungsi Fuel Pump

Seperti yang disebutkan di atas, fuel pump memiliki fungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki bensin ke ruang pembakaran pada mesin.

Pada mobil-mobil modern, bahan bakar disalurkan ke injektor dahulu sebelum disemprot ke masing-masing silinder ruang pembakaran dalam mesin. Untuk mobil-mobil lama, bahan bakar dikirim ke karburator.

Fuel pump ini sendiri ada beberapa jenis, yaitu fuel pump mekanik dan fuel pump elektrik. Berikut penjelasan rinci untuk masing-masing jenis:

  • Fuel pump mekanik: fuel pump ini digerakan oleh putaran mesin mobil yang tersambung dengan sebuah belt. Pompa jenis ini umumnya ditemukan pada mobil-mobil lama/diesel.
  • Fuel pump elektrik: jenis pompa ini menggunakan motor listrik  yang digerakkan oleh aliran listrik menuju motor penggerak. Pompa ini biasanya ditemukan pada mobil-mobil yang lebih modern dan menggunakan sistem injeksi karena memerlukan tekanan yang lebih besar untuk mengirim bahan bakar

Gejala Fuel Pump Rusak

Fuel pump bukan merupakan komponen yang termasuk dalam pengecekan saat servis berkala, dan hanya perlu diganti jika sudah rusak. Kebanyakan fuel pump memiliki ketahanan rata-rata hingga jarak tempuh 100 ribu mil (sekitar 161 ribu km).

Maka dari itu, kebanyakan mobil tidak akan mengalami penggantian fuel pump. Namun, jika gejala-gejala di bawah ini timbul, terdapat indikasi bahwa fuel pump bermasalah dan sudah saatnya untuk diganti.

Suara pada Tangki Bensin

Salah satu gejala awal fuel pump bermasalah adalah timbulnya suara pada tangki bensin. Fuel pump yang sudah tua akan membuat suara dengungan yang keras ketika mesin berjalan.

Pompa yang berkondisi baik hanya akan membuat suara dengungan kecil. Jika suaranya keras, kemungkinan terdapat sebuah masalah, seperti kurangnya bahan bakar, bensin yang kotor, atau pompanya yang rusak.

Sulit untuk Di-starter

Gejala lain yang umumnya dikaitkan dengan fuel pump bermasalah adalah mesin mobil sulit untuk dinyalakan. Pompa terus bekerja selama mesin menyala, sehingga ada kemungkinan pompa menjadi lemah seiring dengan waktu.

Pompa yang lemah masih bisa mengirimkan bahan bakar, namun dengan tekanan yang rendah membuat mesin menjadi sulit di-starter.

Mesin Gagap

Gejala yang paling akurat menandakan masalah pada fuel pump adalah mesin yang gagap. Hal ini biasanya terasa ketika mobil sedang berlari pada kecepatan yang tinggi.

Jika pada kecepatan tinggi mesin menjadi gagap, kemungkinan ada kendala pada pompa yang tidak mampu memberikan aliran bahan bakar dengan tekanan yang ideal secara stabil ke mesin.

Mati pada Suhu Tinggi

Mesin mobil yang tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh beberapa hal, tetapi perlu diperhatikan ketika hal ini sering terjadi saat thermometer mobil menunjukkan suhu tinggi. Jika gejala ini sering terjadi ketika suhu mesin sedang tinggi, ada indikasi bahwa fuel pump sudah dalam keadaan jelek dan perlu diganti.

Kehilangan Daya Dalam Tekanan

Indikasi lain dari fuel pump yang buruk adalah mobil kehilangan tenaga ketika melakukan pekerjaan yang berat, seperti naik tanjakan, membawa beban berat, atau sekadar laju mobil dipercepat.

Hilangnya daya ini terjadi karena pompa tidak dapat mengimbangi kinerja mesin yang memerlukan pasokan bensin tinggi. Jika begitu, berarti pompa ini sudah tidak dapat meregulasi tekanan bensin secara akurat dan perlu diganti.

Tenaga Mesin Tidak Terkendali

Salah satu gejala yang bisa membuat deg-degan adalah mobil yang tiba-tiba ngegas dengan sendirinya. Hal ini mungkin terjadi ketika kendaraan sedang dalam kecepatan tertentu dan stabil.

Jika begitu, ini mengindikasikan bahwa fuel pump yang bermasalah, yaitu yang tidak bisa meregulasikan tekanan bahan bakar, mengirim bensin terlalu banyak ke mesin, sehingga menyebabkan tenaga mesin menjadi naik.

Boros Bahan Bakar

Jika mobil terasa sering habis bensin, ada kemungkinan fuel pump yang menjadi masalahnya. Sama dengan gejala sebelumnya, fuel pump yang rusak tidak mampu meregulasi tekanan bahan bakar, sehingga bahan bakar disalurkan secara tidak konsisten dan tidak efisien sesuai kebutuhan mesin. Dengan begitu, sebagian bahan bakar menjadi terbuang dengan sia-sia.

No Start

Ini adalah gejala serius yang berupa tingkatan dari gejala mobil sulit untuk di-starter, yaitu mobil sama sekali tidak bisa menyala. Agar mesin bisa menyala, tentunya diperlukan asupan bahan bakar. Fuel pump yang benar-benar rusak tidak akan bisa menyalurkan bahan bakar yang cukup untuk mesin mulai berjalan,

Tentu ketika kunci kontak diputar, crankshaft akan berjalan, namun dengan tidak adanya bahan bakar yang cukup, mesin tidak akan bekerja. Gejala No Start ini bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, jadi perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Fuel Pump Rusak

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab rusaknya fuel pump adalah kesalahan pemilik mobil yang membiarkan tangka bahan bakar hampir kosong. Namun, apakah hal ini benar?

Ya, dapat dikatakan bahwa tangki yang hampir kosong adalah faktor pendukung rusaknya fuel pump. Namun itu bukanlah penyebab utamanya.

Sebagian besar kasus fuel pump yang rusak disebabkan karena pada komponen tersebut terdapat sumbatan oleh endapan kotor. Endapan kotor ini timbul karena beberapa hal, namun yang paling utama adalah kualitas bahan bakar yang tidak baik.

Salah satu penyebab lain dari mengendapnya kotoran tersebut adalah mobil tidak pernah dipakai, sehingga bahan bakar di dalamnya dibiarkan mengendap.

Selain karena faktor bensin dan endapan kotor, faktor umur juga bisa menjadi penyebabnya. Karena mobil sering dipakai untuk waktu yang lama, tentunya komponen fuel pump menjadi buruk juga walaupun selalu memakai bahan bakar yang bagus. Pada akhirnya, komponen ini pun perlu diganti.

Jadi, penyebab utama dari rusaknya fuel pump adalah kualitas bahan bakar yang buruk serta cara pemakaian mobil. Untuk menghidari kerusakan pada fuel pump, ada baiknya untuk memakai bensin berkualitas, serta memanaskan mobil secara rutin jika jarang dipakai. [ABP/Dms]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang