Proton Gandeng Geely untuk Jual Mobil di China

Berita Otomotif

Proton Gandeng Geely untuk Jual Mobil di China

KUALA LUMPUR - Proton Holdings Bhd dan Zhejiang Geely Holding Group akhirnya menandatangani kesepakatan untuk mendirikan perusahaan joint venture yang akan membuka jalan bagi Proton untuk merakit dan memasarkan mobilnya di China.

Proton dan Geely nantinya akan memiliki kepemilikan dengan jumlah yang sama pada perusahaan tersebut. Rencananya, perusahaan tersebut akan berdiri pada semester pertama tahun 2019 dan akan tunduk pada semua aturan di China.

Nantinya, perusahaan tersebut akan memiliki fasilitas produksi sendiri untuk merakit kendaraan dan pengembangan dealer untuk pasar Proton di China. Nantinya, mobil-mobil Geely akan menjadi platform utama sementara desain akan bedasarkan Proton. Meski demikian, mobil platform asli Proton juga akan dikembangkan agar bisa dipasarkan di Cina.

“Dengan Geely maka jalan Proton ke Cina akan lebih menjanjikan. Geely bisa berperan untuk mengamankan lisensi manufaktur dan memenuhi aturan yang diperlukan untuk kendaraan di pasar Cina. Geely juga dapat mencari lokasi tepat untuk membangun fasilitas produksi,” ungkap Datuk Seri Syed Faisal Albar, DRB-HICOM Group Managing Director.

Ia juga menambahkan bahwa pemasok komponen Proton yang memiliki kualitas baik akan dijadikan pemasok untuk perusahaan patungan tersebut. Hal ini dilakukan agar industri otomotif Malaysia tetap terus berkembang.

“Kerjasama ini harus tetap harus sejalan dengan program pemerintah Malaysia yang selalu mendorong agar produsen komponen mobil Malaysia mengekspor hasi produksinya ke Cina. Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad pun menyesalkan berkurangnya ekspor mobil Malaysia ke pasar regional,” tambahnya.

Cina memang telah menjelma sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di dunia. Tahun lalu, sedikitnya sudah ada 24 juta mobil terjual atau naik signifikan bila dibandingkan 10 tahun lalu yang hanya mencapai 6,75 juta unit.

Dan Geely adalah salah satu produsen mobil cina yang cukup sukses di negara tersebut. Hal ini terlihat dari jumlah penjualannya yang mencapai lebih dari 1,24 juta unit, setara dengan 5,05 persen market share. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support