Gagal Menyalip, Dua Emak-emak Nyaris Terjepit Truk

Berita Otomotif

Gagal Menyalip, Dua Emak-emak Nyaris Terjepit Truk

BANDUNG – Dua emak-emak nyaris terjepit truk karena gagal menyalip di Jalan Raya Caringin-Padalarang, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Kejadian yang terjadi pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2021 sore ini bemula saat mereka berkendara menggunakan sepeda motor melaju dari arah Bandung menuju Padalarang. Namun tiba di lokasi, berusaha menyalip truk kontainer dari sisi sebelah kiri.

Sayangnya, mereka kehilangan keseimbangan dan korban terjatuh saat berusaha menghindari truk pengangkut gas yang sedang parkir di sisi kiri jalan. Korban pun tersenggol truk kontainer dan terjatuh hingga menyebabkan salah satu korban terjepit kakinya.

Warga pun segera memberikan pertolongan dan mengevakuasi kedua emak-emak yang terjatuh di antara kedua kendaraan truk. Kedua korban akhirnya berhasil diselamatkan warga, meski mengalami luka lecet di bagian kaki. Salah satu korban langsung dibawa ke klinik terdekat untuk mendapatkan perawatan tim medis. Sementara kasus kecelakaan ini sudah ditangani Unit Laka Satlantas Polres Cimahi.

Faktor Utama Penyebab Kecelakaan

Keselamatan berkendara

Sebenarnya ada banyak faktor penyebab kecelakaan khususnya yang melibatkan sepeda motor. Meski demikian, sumber potensi bahaya sebenarnya bisa digolongkan menjadi tiga sumber utama yaitu manusia, kendaraan dan lingkungan.

  • Potensi bahaya dari sisi manusia tanpa sadar menimbulkan bahaya, seperti kelelahan yang menyebabkan kantuk, emosi yang tidak terjaga, dan juga tidak patuh rambu lalu lintas di jalan raya. Bahkan, gangguan kecil saat berkendara dapat menjadi potensi bahaya seperti bersin yang dapat mengganggu pandangan ataupun saat konsentrasi bikers terganggu.
  • Potensi bahaya yang bersumber dari kendaraan yang digunakan. Hal ini sering terjadi karena kurangnya kesadaran bikers untuk secara rutin melakukan perawatan kendaraan pada bagian-bagian yang krusial untuk keselamatan, misalnya sistem pengereman.
  • Potensi bahaya dari lingkungan seperti kondisi jalan yang tidak diketahui oleh bikers, kondisi cuaca seperti kabut yang sering turun di daerah pegunungan, ataupun kondisi hujan yang menjadikan jalanan lebih licin.

Dengan mengetahui sumber potensi bahaya tersebut, diharapkan pengendara bisa menjadi lebih berhati-hati saat berkendara. Tidak ada salahnya untuk memeriksa kendaraan dan mempelajari rute yang dituju sebelum berkendara. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar