Toyota Berhasil Eskpor Lebih dari 15.000 Kendaraan

Berita Otomotif

Toyota Berhasil Eskpor Lebih dari 15.000 Kendaraan

JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil meningkat jumlah ekspor signifikan pada Januari 2017 dibandingkan pencapaian tahun lalu. 

Secara total ekspor yang dilakukan mencapai 15.400 unit kendaraan utuh atau CBU di bulan Januari 2017. Angka tersebut meningkat 76 persen dibanding bulan Januari 2016 lalu. Ketika itu, Toyota Indonesia hanya mengekspor 8.800 unit.

Dari jumlah tersebut, Fortuner kembali menjadi mobil paling banyak yang diekspor. Tercatat 5.000 unit Fortuner telah dikirimkan keluar negeri. Sementara Vios menjadi model terbanyak kedua yang diekspor dengan jumlah 2.500 unit. Tepat di belakangnya ada Kijang Innova yang berhasil dieskpor sebanyak 1.100 unit dan Sienta 600 unit. Sementara untuk model lainnya seperti Yaris, Avanza, Rush, TownAce/LiteAce, dan Agya membukukan angka sebanyak 6.200 unit.

“Kami berharap performa positif ekspor awal tahun ini dapat terus dipertahankan sehingga target peningkatan sebesar 10% pada tahun 2017 dapat kami capai. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan daya saing global produk kami agar dapat diterima di semakin banyak negara tujuan,” ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Hasil ini membawa Toyota telah mengekspor sebanyak 1.065.100 unit sejak pertama kali mereka melakukan ekspor pada tahun 1987. Ketika itu, Toyota hanya melakukan ekspor ke Brunei Darussalam dengan model Kijang Super atau Kijang Generasi Ke-3 dalam skala kecil.

Tak hanya mengekspor mobil utuh, sepanjang Januari 2017, Toyota telah mengekspor lebih dari 3.500 unit CKD dan lebih dari 8 juta buah komponen. Mesin utuh tipe TR berbahan bakar bensin diekspor sebanyak 2.400 unit dan mesin utuh tipe TR berbahan bakar ethanol diekspor sebanyak lebih dari 700 unit. Sedangkan untuk mesin utuh tipe NR berbahan bakar bensin diekspor sebanyak 6.700 unit dan mesin utuh tipe NR berbahan bakar ethanol dieskpor sebanyak 350 unit. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support