Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ford Bikin Kandang Anjing Canggih Berteknologi Noise Cancellation

Berita Otomotif

Ford Bikin Kandang Anjing Canggih Berteknologi Noise Cancellation

MICHIGAN – Ford membuat sesuatu yang tak ada kaitannya dengan kendaraan maupun aksesorisnya, yaitu kandang anjing canggih berteknologi Noise Cancellation (peredam suara).

Anjing sering disebut-sebut sebagai sahabat terbaik manusia. Jika di Indonesia hewan peliharaan favorit mungkin adalah kucing, di negara-negara Barat status tersebut sepertinya dipegang oleh anjing.

Tak heran, berbagai kebutuhan untuk anjing mendapatkan perhatian lebih di negara-negara Barat. Bahkan, perusahaan-perusahaan otomotif pernah membuat kendaraan konsep ramah anjing seperti Nissan X-Trail 4Dogs.

Ford pun demikian. Uniknya, bentuk perhatian mereka terhadap anjing tidak ada hubungannya dengan kendaraan.

Ford Eropa membuat sebuah kandang anjing, etapi bukanlah kandang biasa.

Pasalnya, kandang itu mempunyai teknologi peredam suara yang diambil dari fitur Active Noise Cancellation di mobil-mobil Ford. Dengan teknologi tersebut, suara berisik dari luar seperti petasan maupun kembang api bisa teredam dan tak mengganggu indra pendengaran anjing yang ultra-sensitive.

Ini dilakukan bukan hanya untuk menunjukkan inovasi. Ford menjelaskan inspirasi kandang anjing dengan teknologi Noise Cancellation adalah data yang mengatakan bahwa 45 persen anjing di Britania Raya takut dengan petasan plus kembang api.

Dalam kandang berbentuk seperti tenda ini, Ford menempatkan sebuah mikrofon. Ketika alat sensor di kandang mendeteksi suara keras seperti kembang api, sistem lalu menyuruh mikrofon mengeluarkan frekuensi berlawanan yang meredam suara dari luar secara signifikan.

Untuk meningkatkan peredaman suara, Ford menempelkan pula lapisan berdensitas tinggi sebagai lapisan tambahan pada kandang anjing. Tak berhenti sampai di situ, kandang diparipurnakan dengan pintu otomatis, sistem ventilasi kedap suara, plus Anti-Vibration Blok Risers.

Kandang anjing canggih ini sendiri masih berupa prototipe sehingga tak dijual. Ford menjelaskan pembuatan kandang merupakan bagian dari usaha mereka mengaplikasikan pengetahuan-pengetahuan industri otomotif kepada berbagai isu keseharian. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang