Ford Patenkan Teknologi Sabuk Pengaman yang Dilengkapi Pemanas

Berita Otomotif

Ford Patenkan Teknologi Sabuk Pengaman yang Dilengkapi Pemanas

WASHINGTON D.C – Ford mematenkan teknologi sabuk pengaman yang dilengkapi dengan pemanas di Amerika Serikat (AS).

Hal itu, seperti diwartakan Motor1 beberapa waktu lalu, diketahui dari dokumen yang dapat dilihat di situs resmi kantor hak paten AS (U.S Patent and Trademark Office). Dokumen itu sendiri memiliki tebal 31 halaman.

Tidak diketahui kapan dan pada model apa teknologi tersebut nantinya diaplikasikan. Bahkan, tidak ada jaminan sabuk pengaman dengan pemanas ini akan benar-benar menjadi fitur di mobil-mobil Ford pada masa mendatang.

Pasalnya, pabrikan-pabrikan otomotif memang biasa mematenkan hak paten atas teknologi terbaru mereka terlebih dahulu demi mengamankan hasil riset dan pengembangan internal. Beberapa di antaranya yang dapat menjadi contoh adalah paten Ford untuk ban yang bisa bertransformasi jadi sepeda motor dan teknologi penghilang bau mobil baru, paten mobil lipat Hyundai, atau paten teknologi mobil terbang Toyota.

Teknologi sabuk pengaman dengan pemanas milik Ford sendiri, jika dijelaskan secara simpel, bekerja melalui komponen-komponen pemanas bertenaga listrik yang ‘ditanamkan’ di dalam satu set perangkat tersebut. Pemanas akan bekerja ketika sabuk pengaman sudah dipasangkan di penguncinya.

Para penumpang di kabin tentu saja bisa mengontrol suhu pemanas di sabuk pengaman. Ford, melalui penjelasan di dalam dokumen, diketahui menyediakan beberapa desain sabuk pengaman serta pengunci berbeda.

Kalau nantinya teknologi ini benar-benar diterapkan di mobil Ford, pasar otomotif Indonesia kemungkinan tidak bisa menikmati. Pabrikan asal Amerika Serikat ini sudah minggat dari Indonesia awal 2016 karena dianggap bisnisnya tak lagi menguntungkan di negeri ini. Selain pergi dari Indonesia, Ford juga keluar dari pasar Jepang.

Lagi pula, jika pun Ford masih ada, kondisi iklim di Indonesia yang tak mempunyai musim salju bisa saja membuat fitur sabuk pengaman dengan pemanas tak diperlukan, bukan? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar