Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Bepergian Membawa Hewan Peliharaan Perlu Banyak Persiapan

Berita Otomotif

Bepergian Membawa Hewan Peliharaan Perlu Banyak Persiapan

JAKARTA – Anjing atau kucing adalah dua hewan yang lazim dipelihara di rumah. Kadang, sang pemilik membawa mereka saat mengemudi, baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh.

Hal tersebut tentu saja tak dilarang. Beberapa orang memang teramat sayang dengan hewan peliharaan sampai-sampai ingin mengajaknya bersenang-senang atau merasa tak tenang meninggalkannya sendirian di rumah apalagi dalam waktu lebih dari sehari.

Meski demikian, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, baik sebelum maupun saat perjalanan. Ini agar proses mengemudi serta para penumpang tidak terganggu sehingga keselamatan berkendara tetap terjaga.

Berikut ini tips bepergian membawa hewan peliharaan seperti disarikan dari keterangan resmi Chevrolet yang diterima Mobil123.com.

Vaksin
Sebelum memulai perjalanan, pastikan anjing atau kucing yang diajak sudah mendapatkan vaksinaksi dasar atau vaksinaksi tambahan demi melindungi mereka dari paparan penyakit selama perjalanan. Ada baiknya melakukan riset kecil soal nomor telepon atau lokasi dokter hewan 24 jam sepanjang rute perjalanan.

Pasalnya, jika hewan peliharaan sakit, kenyamanan orang-orang selama perjalanan terganggu. Selain itu, bukan tak mungkin, kesehatan manusia di dalam kabin kendaraan terdampak pula.

Ruang Khusus
Berikan ruang khusus bagi anjing atau kucing untuk  kenyamanan mereka plus kenyamanan orang-orang di kabin. Jika memungkinkan, posisikan hewan-hewan di baris ketiga dan gunakan pet carrier atau cargo barrier. Pertimbangkan membeli cargo tray demi melindungi lantai bagasi.

Tetapi, kalau area tersebut terpakai seluruhnya untuk koper, taruh anjing atau kucing di dalam pet carrier di kursi belakang. Jangan posisikan di kursi depan karena dapat menambah risiko cedera dalam skenario pengereman mendadak atau kecelakaan.

Jika hewan yang dibawa adalah anjing, bisa saja mereka tak ditaruh di kandang. Namun, siapkan tali pengikat agar mereka tidak berkeliaran dalam kabin sepanjang perjalanan.

Berbagai Perlengkapan ‘Pribadi’
Jangan lupakan beragam perlengkapan pribadi bagi hewan peliharaan, khususnya makanan dan minuman khusus. Bawa pula kotak kotoran portabel, kotak makan dan minum yang mudah dilipat, sampai obat-obatan mereka--jika ada. Siapkan juga kalung identitas bagi mereka berisi nama dan kontak Anda.

Untuk menghindari dehidrasi, terutama ketika perjalanan di musim panas, siapkan semangkuk es yang dapat dijilat oleh kucing untuk menjaganya agar tidak kepanasan. Hal ini dapat menjadi opsi yang lebih rapi selama perjalanan.

Bawakan pula barang kesayangan hewan atau mainan seperti chew toy (bagi anjing) yang dapat berguna jika sang hewan resah dalam perjalanan. Apalagi, seekor anjing biasanya dapat menjadi lebih tenang jika diberi kesibukan.

Sementara, kucing perlu dibiarkan untuk melakukan cheek rub pada mobil serta menebarkan aromanya agar lebih familiar dengan lingkungan. Anda bisa juga menaruh tempat tidur, selimut, atau handuk milik kucing Anda di dalam mobil agar dia merasa ‘kerasan’.

Jangan Ditinggal di Kabin
Jangan meninggalkan anjing maupun kucing sendiri di dalam kabin. Di hari yang cerah, suhu kendaraan yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat sehingga berpotensi mengakibatkan sengatan panas yang berlebihan, bahkan dengan jendela yang terbuka.

Jika terpaksa meninggalkan mereka karena tempat tujuan tak membolehkan, Anda wajib menyalakan mesin serta pendingin udara. Itu pun jangan terlalu lama ditinggalkan.

Bawa Jalan-jalan
Sesampainya di tujuan, bawa anjing berjalan-jalan dengan tali. Ini diperlukan agar ia bisa rileks dan nyaman. Anjing terlatih sekalipun bisa merasa tak nyaman di lokasi yang asing baginya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang