Masih Banyak yang Abaikan Fitur Keselamatan Khusus Hewan

Panduan Pembeli

Masih Banyak yang Abaikan Fitur Keselamatan Khusus Hewan

CALIFORNIA – Berkendara bersama hewan peliharaan, khususnya anjing tentunya menyenangkan. Namun minimnya fitur keselamatan khusus hewan peliharaan di dalam mobil rupanya membuat para pemilik hewan cukup khawatir.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Volvo Amerika, menunjukkan bahwa hampir seperempat dari pemilik hewan khawatir meninggalkan hewan peliharaan mereka di rumah untuk perjalanan panjang. Dan dari 1.342 responden yang teridentifikasi sebagai pemilik hewan, 97 persen di antaranya mengajak hewan peliharaan melakukan perjalanan pendek. Sayangnya, hampir setengah dari responden mengaku bahwa mereka tidak memiliki fitur keselamatan untuk hewan peliharaan.

Padahal, sebanyak 41 persen dari mereka yang mengajak hewan untuk berpergian menempatkan hewannya duduk di depan. Hampir 25 persen dari mereka memasangkan sabuk pengaman standard dan hanya lima persen yang menggunakan fitur keselamatan khusus hewan peliharaan.

Memang tidak banyak produsen mobil yang menyematkan fitur keselamatan untuk hewan peliharaan sebagai fitur standard. Maka tidak heran bila 71 persen dari responden mengatakan bahwa produsen sebaiknya membuat fitur keselamatan khusus hewan.

Fitur keselamatan untuk hewan peliharaan khususnya anjing sebenarnya sudah ada namun masih sebagai optional. Volvo adalah salah satunya yang sudah mengembangkan fitur keselamatan untuk hewan peliharaan bahkan sejak 20 tahun lalu.

Salah satunya adalah dengan menambahkan sabuk pengaman khusus untuk anjing sehingga mereka tidak akan terlempar saat terjadi kecelakaan. Menariknya, setiap pembelian fitur keselamatan khusus hewan peliharaan tersebut, Volvo akan mendonasikan $10 atau Rp 137. 475 untuk organisasi yang peduli terhadap hewan.

Tak hanya Volvo, Subaru juga melakukan hal serupa. Sejak 2013 mereka bekerjasama dengan  Center for Pet Safety untuk mengembangkan fitur keselamatan hewan peliharaan. Menariknya, mereka bahkan melakukan crash test untuk mengembagkan fitur tersebut.

Dengan pengembangan ini diharapkan pemilik kendaraan yang mengajak serta hewan peliharaan kesayangannya bisa lebih tenang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual