Nekat Tak Pakai Pelat Nomor, Ferrari Ini Ditilang Saat Razia Operasi Patuh

Berita Otomotif

Nekat Tak Pakai Pelat Nomor, Ferrari Ini Ditilang Saat Razia Operasi Patuh

JAKARTA - Sebuah Ferrari ditilang saat polisi menggelar razia Operasi Patuh 2019 di Jakarta karena nekat tidak menggunakan plat nomor pada bagian depan.

Mobil sport tersebut, seperti dikutip dari situs resmi National Traffic Management Center Kepolisian Republik Indonesia (NTMC Polri), ditilang dalam razia Operasi Patuh belum lama ini di Jakarta. Ferrari ini diberhentikan saat melintas di Jl. Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 17.40 WIB.

Adapun Operasi Patuh merupakan razia besar-besaran yang dilakukan di seluruh Indonesia. Operasi ini dilaksanakan selama dua pekan, dari 29 Agustus hingga 11 September mendatang.

“Kami hanya melakukan penilangan dan yang ditilang itu SIM A pengemudi (Ferrari),” kata Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M. Nasir, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Penyebabnya sendiri adalah tidak adanya tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor pada bagian depan Ferrari. Pelat nomor hanya dipasang pada bagian belakangnya saja.

“Yang bersangkutan tidak menggunakan TNKB sesuai yang dikeluarkan oleh Polri dan hanya terpasang di belakang sementara di depan kendaraan tidak dipasang,” terang Nasir.

Nasir menyebut pihaknya sudah mengecek identitas maupun keaslian dari surat-surat kendaraan itu. Dia menyebut kendaraan itu memiliki surat-surat yang sah.

“Iya (surat-suratnya sah),” kata Nasir.

Atas pelanggaran tersebut, pengemudi dikenakan Pasal 280 Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 dengan denda maksimal sebesar Rp 500 ribu.

Operasi Patuh 2019 diinisiasi dengan beberapa target. Di antaranya adalah menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Selain itu, ada tujuan untuk peningkatan bidang pelayanan baik informasi, administrasi, maupun penegakan hukum. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support