Daftar Pelat Nomor Termahal di Dunia

Berita Otomotif

Daftar Pelat Nomor Termahal di Dunia

JAKARTA - Bagi sebagian orang memiliki pelat nomor cantik adalah sebuah prestise tersendiri. Karena itu tidak heran bila terkadang mereka rela merogoh kocek sangat dalam untuk memilikinya. Nah kali ini, Mobil123 mencoba merangkum 5 pelat nomor termahal di dunia.

Kemarin kita telah membahas bagaimana pelat nomor '25 O' telah mencetak rekor sebagai pelat nomor termahal di Inggris. Tapi ternyata, pelat nomor yang terjual seharga 518.000 pounds (Rp 9,9 miliar) itu bukanlah pelat nomor termahal di dunia.

Mau tahu daftar pelat nomor termahal di dunia? Berikut daftarnya.

6. Pelat nomor: VIP 1

Siapa yang tidak kenal pebisnis kaya asal Rusia ini, Roman Abramovich. Pemilik klub sepakbola, Chelsea, tersebut membeli pelat nomor ini dengan harga 285.000 di Inggris pada 2006.

Di tangannya pelat nomor tersebut dipasangkan di mobil 'Popemobile' bekas Paus Yohanes Paulus II.

5. Pelat nomor: M1 

Sejatinya, pelat nomor ini pertama di registrasi di Britania Raya pada 1902 dan aslinya di gunakan oleh sebuah Mercedes-Benz model tahun 1900. Tapi di awal 2000an pelat nomor ini kembali dilelang.

Mike McComb kemudian membelinya dengan harga 330.000 untuk hadiah ulang tahun anaknya yang ke 6.

4. Pelat nomor: F1

Pelat nomor Inggris ini dimiliki oleh pegila otomotif bernama Afzal Kahn. Dia membelinya pada 2008 lalu dengan harga 440.625 pounds.

Selama bertahun-tahun Afzal Kahn menggunakannya pada beberapa mobil sport koleksinya mulai dari McLaren SLR warna hitam hingga mobil tercepat di dunia, Bugatti Veyron.

Saking sayangnya dengan pelat nomor ini, ketika ada tawaran hingga Rp 113 miliar, Kahn tidak meliriknya.


3. Pelat nomor: 25 O

Pelat nomor ini baru saja laku terlelang di sebuah pelelangan di Cardiff dengan harga 518.000 pounds atau hampir Rp 10 miliar. Jadi, inilah pelat nomor termahal di Inggris.

Pemegang rekor baru itu dimiliki oleh John Collins, kolektor mobil Ferrari. Collins juga membeli pelat nomor '250 L' pada kesempatan yang sama dengan harga 130.320 pounds atau sekitar Rp 2,49 miliar.

Itu berarti, Collins merogoh kocek sampai 648.320 pounds atau sekitar Rp 12,4 miliar dalam satu hari hanya untuk membeli pelat nomor.

Nantinya, kedua pelat nomor itu akan dipasangkan ke Ferrari klasik milik Collins. '25 O' akan ditaruh di Ferrari 250 SWB yang pernah dimiliki oleh Eric Clapton dan '250 L' akan dipasang ke 1964 Ferrari 250 GT Lusso.

2. Pelat nomor: 5

Pelat nomor ini sempat memegang predikat sebagai pelat nomor termahal di dunia ketika laku terlelang  di 2007 hingga 25 juta dirham atau sekitar Rp 83,4 miliar dengan kurs saat ini.

Gilanya lagi, Talal Ali Mohammed Khoury, sang pemilik ternyata juga membeli sebuah pelat nomor lain dengan harga yang tidak murah. Pelat nomor itu adalah '55' dan dia beli dengan harga sekitar 800.000 pounds di pelelangan yang sama.


1.Pelat nomor: 1

Pelat nomor ini dimiliki oleh seorang pebisnis bernama Saeed Abdul Ghafour Khouri. Dia membeli pelat nomor ini dengan harga yang sangat gila: 52.2 dirham atau sekitar Rp 1742 miliar dengan kurs saat ini dalam sebuah lelang di Abu Dhabi pada 2008.

Dengan harga tersebut, pelat nomor 1 ini pun menjadi pelat nomor termahal di dunia dan hingga kini belum ada yang bisa menyainginya. [Syu/Idr]



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual