Esemka Bima Bisa Dipesan Online, Harga Tergantung Ongkir

Berita Otomotif

Esemka Bima Bisa Dipesan Online, Harga Tergantung Ongkir

JAKARTA – Esemka Bima sudah bisa dipesan secara daring (online) oleh konsumen di seluruh Indonesia, namun harganya belum diumumkan. Harga untuk masing-masing daerah bakal berbeda-beda tergantung ongkos kirim alias ongkir.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, di situs resmi mereka yaitu esemkaindonesia.co.id terdapat pilihan ‘Pemesanan’. Perwakilan pabrikan, ketika dihubungi, mengatakan bahwa memang itu adalah jalur pemesanan online mereka.

“Iya betul,” ucap Sabar Budhi, Hubungan Masyarakat (Humas) PT. Solo Manufaktur Kreasi pada Rabu (23/9/2020) melalui pesan singkat.


Sekadar mengingatkan, Esemka merupakan merek asal Surakarta, Jawa Tengah. Nama mereka sudah lama beredar, namun baru mengumumkan diri secara besar-besaran sekaligus meresmikan pabrik di Boyolali, Jawa Tengah pada September 2019.

Pada saat itu, mereka juga meluncurkan dan mulai menjual satu produk yaitu pikap kecil Bima dengan opsi mesin 1.2-liter atau 1.3-liter. Dipamerkan pula prototipe kendaraan lainnya, termasuk sport utility vehicle (SUV) Garuda 1.

Garuda 1 sempat diisukan sudah mulai diproduksi massal. Akan tetapi, kabar ini dibantah oleh pabrikan.


Pikap Bima sendiri mengundang kontroversi. Soalnya, pesaing Daihatsu Gran Max pikap serta Suzuki Carry pikap tersebut dianggap mirip secara tampilan dan spesifikai dengan mobil China Changan Star Truck.

Bima sendiri sudah meraup pembeli yang kebanyakan adalah institusi pemerintah seperti pemerintah daerah maupun Tentara Nasional Indonesia (TNI). Terakhir, 200 unit Bima dibeli oleh satu pihak dari Lampung.

 Lebih lanjut, Budhi menjelaskan bahwa jalur pemesanan online sudah Esemka lakukan sejak tahun lalu. Cara membeli via digital ini tidak terbatas di area tertentu.

“Seluruh Indonesia,” pungkas dia.


Unit, lanjutnya, akan dikirimkan dari dealer Esemka. Banderolnya sendiri bakal berbeda-beda, tergantung ongkos logistik ke area terkait dan hal tersebut akan diinfokan kepada pemesan.

“Dari pabrik ke dealer, dealer ke konsumen,” terang Budhi lagi.

Mobil123.com sempat mencoba menekan pilihan ‘Pemesanan’ di situs resmi Esemka. Situs kemudian mengarahkan kepada kolom yang harus diisi perihal identitas pemesan mulai dari nama, detail alamat, nomor telepon rumah maupun telepon genggam, sampai foto diri.

Jadi, bagaimana, ada yang mau jajal pesan Esemka? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar