Esemka Bantah Kabar Produksi Massal SUV Garuda 1

Berita Otomotif

Esemka Bantah Kabar Produksi Massal SUV Garuda 1

JAKARTA – Esemka menyebut sport utility vehicle (SUV) mereka yang bernama Garuda 1 belum diproduksi.

Pada Senin (24/8/2020), muncul pemberitaan yang menerangkan bahwa pabrikan asal Solo, Jawa Tengah ini sudah mulai merakit massal Garuda 1. Akan tetapi, ketika berbicara dengan Mobil123.com, kabar tersebut mereka bantah.

“Belum. Masih prototipe,” ucap Sabar Budhi selaku Hubungan Masyarakat (Humas) PT. Solo Manufaktur Kreasi melalui pesan singkat.

Sekadar mengingatkan, Garuda 1 merupakan salah satu model yang mereka pamerkan dalam peresmian pabrik di Boyolali, Jawa Tengah pada 6 September 2019 dan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Bersamaan dengan seremoni tersebut, Esemka meluncurkan secara resmi pikap ringan Bima 1.2-liter serta 1.3-liter.

Ketika hadir, Bima mengundang kontroversi. Pasalnya, kendaraan tersebut dianggap mirip secara tampilan dan spesifikasi dengan Changan Star Truck asal China.

Prototipe Garuda 1 sendiri bermesin 2.0-liter. Hingga kini belum ada keterangan resmi langsung dari pabrikan, apakah mesin tersebut diesel atau bensin.

Garuda 1, yang juga dianggap mirip dengan SUV China Foday Landford, sempat tercantum dalam lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 Tahun 2020 yang ditandatangani pada Januari silam. Adapun isi regulasi itu adalah mengenai Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020.

Di dalamnya disebutkan bahwa Garuda 1 bermesin 2.0-liter dan bertransmisi manual memiliki NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Rp 265 juta. Sementara itu DP PKB (Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor) yang tertera adalah Rp 278,25 juta.

Di dalam akun Instagram @esemkaofficial_ pada Januari silam, disebutkan pula bahwa Garuda 1 bakal mengaspal pada tahun ini. Kendati begitu, Budhi mengaku informasi tersebut bukanlah resmi dari PT. Solo Manufaktur Kreasi selaku pabrikan.

“Bukan kami yang buat release (keterangan resmi),” kata dia singkat.

Di Instagram, akun yang mengatasnamakan Esemka memang banyak beredar. Ada, misalnya, @info_esemkaid, @esemkaofficial_, @esemkaindonesia.

Budhi menyebut saluran komunikasi digital yang resmi mereka kelola adalah www.esemkaindonesia.co.id. Ia tidak mengakui adanya akun Instagram yang resmi mewakili merek Esemka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar