Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Turki Berencana Produksi Mobil Nasional yang Bisa Terbang

Berita Otomotif

Turki Berencana Produksi Mobil Nasional yang Bisa Terbang

ISTANBUL - Turki mengabarkan rencana mempunyai mobil terbang buatan negeri sendiri bernama Cezeri.

Topik mobil nasional masih ramai di negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Topik hadirnya mobil nasional Vietnam, Malaysia, dan tentu saja penantian terhadap Esemka yang tak kunjung meluncur secara resmi sedang menghangat kembali.

Turki sudah berada di depan dalam isu itu karena memiliki mobil merek asli negara tersebut lebih dulu. Mereka sudah punya TEMSA, Otokar, maupun BMC yang lebih dikenal dengan mobil-mobil komersial ataupun militernya.

Daftar itu bakal bertambah lagi. Bahkan, kali ini calon pendatang baru tak sekadar membuat mobil bermesin konvensional.

Baykar Makina, seperti dilaporkan Carscoops baru-baru ini, akan memperkenalkan prototype mobil terbang Cezeri dalam sebuah pameran aviasi, luar angkasa, serta teknologi yang dalam waktu dekat berlangsung di Istanbul. Baykar sendiri merupakan perusahaan teknologi dan alat pertahanan asal negara tersebut.

Baykar cukup terkenal sebagai pengembang dan perakit beragam kendaraan udara tanpa awak (unmanned aerial vehicle). Selcuk Bayraktar, Technical Director Baykar Makina, merupakan menantu dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Ia adalah orang pertama yang memublikasikan gambar Cezeri di Twitter. Foto inilah yang Mobil123.com ambil sebagai foto artikel.

Lebih lanjut, nama Cezeri terinspirasi dari nama seorang insinyur muslim Al Jazari. Ia hidup pada 1136 sampai 1206.

Seperti kebanyakan mobil terbang yang ada saat ini, Cezeri bukanlah berbentuk seperti sebuah mobil. Ia lebih mirip pesawat mini jenis vertical take-off and landing (VTOL) dan berkapasitas hanya satu penumpang.

Kendaraan ini mendapat dorongan ke atas dari empat baling-baling raksasa serupa quadcopter yang berada di atas kompartemen penumpang. Kabinnya sendiri transparan karena dikelilingi oleh kaca.

Hingga kini belum ada detail spesifikasi Cezeri. Begitu pula dengan waktu peluncurannya.

Akan tetapi, patut diduga bahwa mobil terbang tersebut bakal masuk fase produksi setelah tahap pengujian dalam kondisi sebenarnya sudah rampung dilaksanakan. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang