Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Duh, Penjualan Mitsubishi sedang Turun, nih! Apa Biang Keladinya?

Berita Otomotif

Duh, Penjualan Mitsubishi sedang Turun, nih! Apa Biang Keladinya?

JAKARTA – Penjualan Mitsubishi pada lima bulan pertama 2023 sedang turun cukup dalam. Alasannya terungkap.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari – Mei 2023 menunjukkan penjualan merek mobil terlaris keempat ini secara wholesales (distribusi ke diler/untuk stok) maupun retail (distribusi diler ke konsumen) turun 20-an persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Penjualan wholesales Mitsubishi selama lima bulan drop 27,5 persen yoy, dari 46.596 unit ke 33.787 unit. Pangsa pasar mereka menurun dari 11,8 persen menjadi 8 persen.

Sementara itu, penjualan retail mereka tereduksi 23,1 persen, dari 47.952 unit menjadi 36.857 unit. Pangsa pasar Mitsubishi berkurang dari 12,6 persen menjadi 8,7 persen.

Mitsubishi Pajero Sport dan Xpander Cross

Sales and Marketing Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengakui performa mereka memang terbilang menurun jauh dibanding tahun lalu. Mereka pun tidak puas dengan capaian saat ini.

Tapi, Mitsubishi mengaku tidak cemas.

“Saya tidak khawatir karena penjualan beberapa produk kami yaitu Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Xpander tetap memang market share (pangsa pasar) meski dilawan oleh kompetitor-kompetitor yang berat,” tandas dia, seperti dikutip dari transkrip konferensi pers pembukaan diler baru Mitsubishi di Matraman, Jakarta pada Senin (19/6/2023) lalu.

Menurut Irwan, alasan turunnya penjualan Mitsubishi adalah suplai produk-produk impor utuh (completely built up/CBU) yang tersendat dari pemasoknya di Thailand maupun Filipina.

Khususnya untuk Mitsubishi Triton plus Mitsubishi Colt L300.

Mitsubishi Triton

“Triton karena suplai terbatas dari Thailand. L300 karena kami masih impor dari Filipina, jadi penjualan kami sangat tidak total, menurut saya. Kami akan melakukan upaya untuk meningkatkan suplai dari kedua negara itu agar bisa membaik,” pungkas Irwan.

Mitsubishi, sambung dia, berusaha agar performa mereka di semester kedua dapat membaik. Kehadiran versi produksi Mitsubishi XFC Concept pada periode itu meningkatkan rasa percaya diri.

“Kami akan punya SUV (sport utility vehicle) baru. Kami percaya di semester kedua penjualan akan semakin membaik,” tutup Irwan, menyinggung model yang bakal sekelas dengan Honda HR-V tersebut. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang