Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Deretan Mobil Wuling Mini, Dua-duanya Mobil Listrik

Mobil Listrik

Deretan Mobil Wuling Mini, Dua-duanya Mobil Listrik

Mobil Wuling berdimensi mini di pasar Indonesia, untuk sementara, terdiri dari dua model. Kebetulan sekali, keduanya sama-sama mobil listrik.

Mobil berukuran kecil secara garis besar bisa dibagi menjadi kategori yaitu city car serta hatchback. Di Indonesia, harus diakui kalau kedua kategori ini bukanlah preferensi utama para konsumen.

Meski begitu, mobil-mobil berdimensi mini tetap memiliki ceruk pasar tersendiri, apalagi di kota-kota besar dengan kondisi lalu lintas yang padat seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lain-lain. Tak heran, masih ada beragam merek yang menjual city car maupun hatchback dan Wuling adalah salah satunya.

Bahkan, model city car dan hatchback yang dijual oleh Wuling saat ini tidak menghasilkan emisi gas buang. Soalnya, teknologi yang disandangnya ialah battery electric vehicle (BEV/mobil listrik murni).

mobil Wuling mini

Wuling merupakan merek mobil asal China yang aktif di pasar Indonesia sejak 2017.

Sebelum itu, selama beberapa tahun, mereka terlebih dahulu membangun pabrik perakitan yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Lantas, apa saja pilihan mobil berpostur mini dari Wuling? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda, berdasarkan catatan pemberitaan Mobil123.com maupun penelusuran dari berbagai sumber.

Wuling Air EV dan Wuling Binguo, Mobil Listrik Mini yang Murah

mobil Wuling mini

Wuling, ketika artikel tentang Mobil Wuling mini ini dibuat pada Jumat (17/11/2023), punya dua pilihan mobil berperawakan mini. Pertama adalah Wuling Air EV, sedangkan yang kedua bernama Wuling Binguo.

Dua model tersebut sama-sama ramah lingkungan. Bagaimana tidak, sistem penggerak Air EV maupun Binguo tidak lagi mengandalkan internal combustion engine (ICE/mesin pembakaran internal), melainkan baterai plus motor penggerak bertenaga listrik.

Ya, Air EV maupun Binguo EV adalah mobil listrik Wuling mini. Harganya pun masih terbilang terjangkau untuk pasar otomotif Tanah Air.

Mari, kita ulas kedua model ini satu-persatu.

Wuling Air EV

mobil Wuling mini

Air EV merupakan mobil Wuling mini berjenis city car yang meluncur pada Agustus 2022. Ada dua tipe yang diperkenalkan lebih dulu yakni Standard Range yang berjarak tempuh 200 km serta Long Range yang punya jarak tempuh 300 km.

Setahun setelahnya, pada Agustus 2023, giliran Air EV tipe Lite yang mengaspal. Lite bisa dikatakan sebagai versi lebih murah dari Standard Range, sehingga tak heran jarak tempuh keduanya sama.

Air EV berdimensi panjang, lebar, tinggi masing-masing 2.974 mm, 1.505 mm, 1.631 mm. Wheelbase (jarak sumbu roda) berukuran 2.010 mm.

Mobil Wuling mini yang satu ini, pada pertengahan November 2023, dijual dengan rentang harga normal Rp206 juta sampai Rp299,5 juta on the road (OTR) Jakarta tanpa charging pile.

Rinciannya adalah Rp206 juta untuk tipe Air EV Lite, Rp243 juta untuk tipe Air EV Standard Range, serta Rp299,5 juta untuk Air EV Long Range.

Namun, sejak April-Desember 2023, Air EV adalah satu dari hanya dua model mobil listrik rakitan lokal yang memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Sebagai dampaknya, banderol Air EV bisa menjadi lebih murah sekitar Rp20 jutaan.

Air EV, sayangnya, belum dilengkapi sistem pengecasan cepat (DC fast charging). Di sisi lain, Wuling mengompensasi kekurangan tersebut dengan membenamkan berbagai macam fitur untuk mobil mini berpenggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) tersebut.

Air EV Lite diperuntukkan bagi mereka yang ingin mobil listrik murah, mini, fungsional, serta simpel. Tak heran, eksteriornya hanya berwarna single tone—bukan dual tone seperti dua ‘kakaknya’, tidak punya fitur perintah suara Wuling Indonesia Command (WIND), hanya punya satu airbag, tidak ada parking camera, juga tidak punya teknologi Internet of Vehicle (IoV).

“Sisanya sama (dengan Air EV Standard Range),” aku Product Planning PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Danang Wiratmoko usai peluncuran Air EV Lite di Serpong, Tangerang.

Daftar lengkap fitur Air EV Standard Range sendiri adalah IoV, WIND, dua Airbag, Meter Cluster 7 Inci, sistem pengereman ABS+EBD, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Rear Parking Sensor and Camera, Immobilizer, Anti Theft Alarm.

Air EV Long Range, sebagai pilihan paling mewah, punya Meter Cluster lebih besar (10,25 Inci) plus tambahan fitur Head Unit 10,25 Inci, All LED Exterior Lamp, Day-time Running Light, Electric Stabillity Control (ESC), Electric Parking Brake (EPB), Hill Hold Control (HHC), Online Messaging, Online Navigation, Online Music.

Wuling Binguo

mobil Wuling mini

Mobil Wuling mini lainnya adalah Binguo. Model ini belum meluncur secara resmi, tapi sudah diperkenalkan dan diperlihatkan pada Kamis (16/11/2023) kemarin di sebuah mal di Serpong, Tangerang.

Bersamaan dengan itu, pemesanan resmi Binguo dibuka oleh Wuling. Adapun peluncuran mobil listrik tersebut, menurut Brand and Marketing Director PT SGMW Indonesia Dian Asmahani, kemungkinan antara akhir 2023 atau awal 2024, demikian pula pengumuman harga finalnya.

Binguo nantinya terdiri dari dua tipe jarak tempuh yaitu 333 km serta 410 km. Dari sini, bisa diduga bahwa Binguo kelak diposisikan di atas Air EV.

Dugaan itu makin kuat setelah Mobil123.com mengetahui perkiraan banderolnya. Harga Binguo, kata tenaga penjual diler resmi Wuling, kemungkinan ada antara Rp350 juta sampai sekitar Rp450 juta.

Binguo, khususnya yang berharga Rp300 jutaan, masih bisa dikategorikan mobil listrik murah.

Informasi spesifikasi Binguo sendiri, untuk sekarang, belum terungkap secara utuh. Hal ini wajar karena mobil mini Wuling tersebut belum mengaspal secara resmi.

Namun, perawakannya serupa dengan mobil-mobil hatchback. Sebagai referensi saja, dimensi panjang, lebar, tinggi, serta wheelbase Binguo di pasar China masing-masing adalah 3.950 mm, 1.708 mm, 1.580 mm, serta 2.560 mm.

Bisa diekspetasikan kalau model untuk pasar Indonesia nantinya memiliki dimensi yang sama atau tidak jauh berbeda.

Desain eksterior Binguo terkesan mengalir dengan halus. Dari depan hingga buritan, terlihat keberadaan X-Shaped LED Headlamp dan LED Tail Lights, Diamond Corrugated Grille, Flowing Water Body Curve, Water Splash Wheel Cap, hingga Streamline Ducktail.

Wuling baru sedikit membeberkan daftar fitur Binguo. Mobil listrik mini yang sudah terjual 150 ribu unit dalam waktu hanya enam bulan sejak debut globalnya itu diberkahi antara lain dengan TFT Dual Integrated Screen (Meter Cluster dan Head Unit) berukuran total 20 inci, Cruise Control, Smart Start System, empat Driving Mode (Eco+, Eco, Normal, Sport), Rear Parking Camera, empat Full Range Speaker, ISOFIX.

Kesimpulan

Keberadaan city car dan hatchback hingga saat ini menjadi sebuah tolok ukur mengenai masih adanya kebutuhan terhadap mobil-mobil berukuran mini di Tanah Air. Jika bicara spesifik mengenai Wuling, pilihan mobil mini itu tidak lagi bermesin konvensional, melainkan mobil listrik murah yang tidak menghasilkan polusi.

Dalam kurun setahun terakhir, Wuling bahkan terus melengkapi lini produk mobil listrik mini mereka. Hanya dalam hitungan belasan bulan, sudah ada Air EV dan sebentar lagi Binguo yang sama-sama berbanderol relatif terjangkau.

Patut ditunggu, apalagi gebrakan selanjutnya dari Wuling dalam menghadirkan mobil mini yang ramah lingkungan plus—yang tak kalah penting—berharga murah. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang