Daihatsu Xenia Diklaim Tetap Irit Bahan Bakar

Berita Otomotif

Daihatsu Xenia Diklaim Tetap Irit Bahan Bakar

TANGERANG – Daihatsu Xenia diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang tetap irit, sesuai dengan keunggulannya selama ini.

Hal ini disampaikan oleh Pradipto Sugondo, Research & development division head PT Astra Daihatsu Motor saat konferensi pers peluncuran Daihatsu Xenia. Menurutnya, meski mengalami ubahan namun bobot kendaraan tidak meningkat drastis.

“Mesin yang digunakan ini masih sama dengan mesin sebelumnya (berkapasitas 1,3 liter). Sementara bobot kendaraan juga tidak ada pengubahan signifikan. Kami sudah ukur dan konsumsi bahan bakarnya kurang lebih sama dengan sebelumnya. Di dalam kota kira-kira 10 km per liter sementara luar kota bisa mencapai 15 km per liter,” ungkapnya.

Menariknya, konsumsi bahan bakar Daihastu Xenia bertransmisi otomatis justru bisa lebih irit dibandingkan manual saat dikendarai di luar kota. Berdasarkan pengujian yang mereka lakukan, Daihatsu Xenia bertransmisi otomatis di luar kota bisa mencapai 16 km per liter.

Sayangnya Ia tidak menjelaskan konsumsi bahan bakar dari Daihatsu Xenia bermesin 1,5 liter. Meski demikian bila melihat konsentrasi Daihatsu dalam mengembangkan mesin irit, seharusnya angka konsumsi bahan bakar tersebut tidak akan terlalu jauh berbeda.

Daihatsu Xenia terbaru dijual dengan dua piihan mesin yaitu 1,3 liter dan 1,5 liter. Dengan kehadiran dua pilihan mesin tersebut maka diharapkan pelanggan bisa mendapatkan pilihan kendaraan yang lebih banyak ketimbang saat ini.

Harganya sendiri diklaim tidak meningkat, bahkan diberikan diskon sebesar Rp 13 juta. Diskon di awal peluncuran sebelumnya dianggap tabu karena justru dianggap dapat menjatuhkan harga jual kembali mobil tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar