Daihatsu Tutup Pabrik, Dealer dan Bengkel Saat PSBB Jakarta

Berita Otomotif

Daihatsu Tutup Pabrik, Dealer dan Bengkel Saat PSBB Jakarta

JAKARTA – Daihatsu Indonesia menutup sementara kedua pabrik mereka mulai Jumat (10/4/2020) yang merupakan hari dimulainya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Mulai hari yang sama, mereka juga menyetop secara temporer aktivitas operasional seluruh dealer dan bengkel resmi di Ibu Kota.

Pabrik Daihatsu yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat menurut pernyataan pers yang diterima Mobil123.com baru-baru ini, akan tutup selama satu pekan hingga 17 April 2020. Sementara itu, semua dealer plus bengkel resmi di Jakarta tutup dua pekan, sampai 24 April 2020.

Menurut Daihatsu, hal ini dilakukan sebagai tindaklanjut penerapan status PSBB di Jakarta pada 10 – 24 April 2020. Keputusan pembukaan kembali pabrik sendiri masih bisa berubah dan akan ditetapkan dengan menyesuaikan kondisi di lapangan untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama ekspor.

Seperti diketahui, dengan penerapan PSBB, pemerintah provinsi Jakarta mempunyai wewenang meliburkan hampir seluruh aktivitas perkantoran, kegiatan sekolah dan melarang adanya kerumunan di luar rumah. Pemberlakukan PSBB sendiri adalah upaya pemerintah daerah untuk menekan semaksimal mungkin penularan dan penyebarluasan pandemi virus Corona atau Covid-19 di Ibu Kota.

Pandemi global yang berawal di Wuhan, China ini diumumkan oleh pemerintah telah masuk Indonesia pada 2 Maret 2020. Sejak itu hingga 9 April 2020, telah ada 3.293 kasus positif terinfeksi virus Covid-19 di Indonesia (280 meninggal, 252 sembuh) dan Ibu Kota menjadi episentrum penularan virus.

“Upaya pemerintah melawan penyebaran wabah Covid-19 patut didukung semua pihak. Daihatsu berkomitmen bersama pemerintah memenangkan perang ini. Kami harap seluruh masyarakat Indonesia dapat segera beraktivitas normal kembali”, ujar Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan resmi.

Pabrik Daihatsu di Sunter berkapasitas produksi 330 ribu unit per tahun untuk dua shit, sedangkan yang berlokasi di Karawang berkapasitas 200 ribu unit. Keduanya sepekan belakangan ini sebenarnya sudah mengalami pengurangan produksi karena hari kerja hanya menjadi dua hari sekali dengan satu shift.

Pandemi virus Corona telah memukul industri otomotif Tanah Air dengan cukup telak. Beberapa merek seperti Honda, Suzuki, Wuling juga menutup pabrik selama dua pekan karena aktivitas produksi atau pun pasar terdampak pandemi.

Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) sampai harus merevisi target penjualan mobil nasional dari sekitar 1 juta unit atau angka yang relatif sama dengan tahun lalu menjadi 600 ribu unit. Artinya, tahun ini diproyeksikan ada penurunan penjualan sebanyak 40 persen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar