Harga Daihatsu Seluruh Model Segera Naik

Berita Otomotif

Harga Daihatsu Seluruh Model Segera Naik

JAKARTA – Daihatsu memastikan segera menaikkan harga seluruh model mereka di Indonesia sebagai dampak pelemahan kurs rupiah yang kini sudah tembus Rp 15 ribu per dollar Amerika Serikat (AS).

Daihatsu akhirnya tak kuasa menahan efek depresiasi kurs rupiah terhadap dollar AS sejak awal tahun. Pabrikan asal Jepang ini, melalui pernyataan pers pada Jumat (2/11/2018) yang diterima Mobil123.com, menjelaskan bahwa sebagian material produksi masih diimpor dengan transaksi yang menggunakan kurs dollar AS sehingga kondisi nilai tukar berpengaruh pada biaya produksi.

Melihat kondisi rupiah yang sudah jauh beranjak dari posisi awal dan sangat sulit untuk kembali, Daihatsu memutuskan menaikkan harga tak lama lagi, mengikuti jejak merek-merek lain yang sudah lebih dulu melakukannya. Sayangnya, ‘saudara’ Toyota ini tidak menyebut kapan kebijakan tersebut diberlakukan.

“Inilah saat tepat bagi masyarakat Indonesia untuk membeli mobil Daihatsu dengan harga yang lebih menguntungkan karena harga mobil Daihatsu akan segera naik,” ucap Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan tertulis.

Amelia, saat dihubungi oleh Mobil123.com, menjelaskan bahwa kenaikan harga nantinya diberlakukan untuk seluruh model. Adapun besaran kenaikan harga belum diputuskan karena masih didiskusikan.

“Sekarang saya dengan rapat, hitung-hitungan biaya produksi naik berapa jadi belum ada keputusan. Kami harus melihat dampak kenaikan harga terhadap permintaan juga,”’ akunya melalui pesan singkat.

Daihatsu, lanjut Amelia, baru menaikkan harga dua kali sejak Januari sampai awal November 2018. Kenaikan pertama terjadi pada awal tahun karena perubahan pajak kendaraan, sedangkan kenaikan kedua dilakukan karena penyesuaian fasilitas perakitan untuk memenuhi standar emisi gas buang EURO 4 bagi seluruh mobil baru bermesin bensin mulai Oktober kemarin.

Sebagai informasi, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) per hari ini, rupiah berada pada level Rp 15.089 per dollar AS. Padahal, pada akhir 2017, kisarannya masih Rp 13.500 per dollar AS.

Tak ayal, para pabrikan pun satu-persatu tak kuasa menahan kenaikan harga, walaupun daya beli pasar belum benar-benar pulih tahun ini. Di antaranya pabrikan-pabrikan itu ada dua pemain besar yaitu Toyota serta Mitsubishi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar