Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Ekspor Mobil Buatan Indonesia ke 75 Negara, Ada Merek Mazda

Berita Otomotif

Daihatsu Ekspor Mobil Buatan Indonesia ke 75 Negara, Ada Merek Mazda

JAKARTA - Pabrik Daihatsu di Indonesia mengekspor model-model berbagai merek ke banyak negara. Bahkan, ada yang mereknya Mazda.

Daihatsu, melalui keterangan resmi baru-baru ini, mengumumkan pencapaian ekspor dari Indonesia ke 75 negara di seluruh dunia. Negara-negara itu berada di region Asia Tenggara (ASEAN) Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, maupun Amerika Latin.

Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat menjadi infrastruktur ekspor-impor baru bagi Daihatsu selain Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

“ADM (PT. Astra Daihatsu Motor) turut berpartisipasi dalam usaha kegiatan ekspor kendaraan melalui Pelabuhan Patimban untuk mendukung peningkatan industri otomotif nasional sekaligus pendapatan devisa negara,” kata Export Import Division Head ADM Johan.

Menariknya, keberagaman komoditas ekspor Daihatsu tidak hanya dari jenis segmen kendaraan. Merek-mereknya pun variatif.

Selain memproduksi serta mengekspor mobil-mobil bermerek Daihatsu, ada juga merek-merek lain yaitu Toyota serta Mazda.

Model-model Toyota yang dirakit dan diekspor pabrik Daihatsu di Indonesia adalah Avanza, Rush, Wigo (Agya untuk pasar luar negeri--Red), Raize, Town/Lite Ace.

Untuk mereka Mazda, ada model Bongo yang merupakan versi ganti logo dari ‘jagoan’ Daihatsu di kategori kendaraan niaga yaitu Gran Max.

Ekspor Daihatsu dari Pelabuhan Patimban sendiri, pada Selasa (8/3/2022) kemarin, disaksikan langsung Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, ditemani Bupati Subang Ruhimat.

Dalam kata sambutannya yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi--sapaan akrab presiden--mengatakan bahwa ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban pada 2022 diproyeksikan sekitar 160 ribu unit. Tapi, kenyataannya bisa jadi lebih besar dari itu.

“Melihat progres tiga bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180 ribu mobil untuk ekspor ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang dan juga Vietnam ini saya kira awal. Nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15 ribu mobil (per-bulan) dan ini akan sangat bagus," kata Jokowi.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan ekspor mobil unit utuh (Completely Built Up/CBU) pada Januari 2022 mencapai kisaran 24 ribu unit. Daihatsu, yang termasuk dalam Grup Toyota, menyumbang 49 persen di antaranya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang