Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daftar Mobil Bekas yang Cocok untuk Bisnis Taksi Online

Panduan Pembeli

Daftar Mobil Bekas yang Cocok untuk Bisnis Taksi Online

Pencarian mobil untuk taksi online semakin naik seiring tren penggunaan taksi online berbasis aplikasi yang tiap hari kian ramai.

Cara pesan yang mudah dan harganya yang bersaing, membuat layanan transportasi taksi online ini mampu menarik ribuan konsumen di Indonesia. Tak heran banyak yang mulai tergiur untuk terjun ke bisnis ini.

Pekerjaan ini dianggap menjanjikan karena menawarkan fleksibilitas waktu, tidak terikat dan penghasilan lumayan.

Nah, sebelum bergabung sebagai driver taksi online, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain harus gigih, kunci keberhasilannya adalah memilih mobil yang tepat.

Tips Memilih Mobil untuk Taksi Online

Oleh karena itu, agar Anda tidak salah pilih, simak tips memilih mobil untuk taksi online berikut ini:

  • Kabin Luas, Muat banyak Penumpang

Pilihan mobil yang akan digunakan untuk bisnis taksi online adalah mobil dengan kabin luas dan muat banyak penumpang.

Berarti pilihannya adalah mobil bersegmen MPV (Multi Purpose Vehicle) atau mobil-mobil 7 penumpang (7-seater). Selain itu, ukuran ruang kabin yang lebih luas membuat mobil MPV lebih fungsional untuk jadi pilihan taksi online.

Kapasitas mobil tentu menjadi prioritas utama. Pasalnya, kapasitas mobil menentukan jangkauan penumpang lebih banyak atau tidak. Ini dimaksudkan bila ada pelanggan dengan jumlah anggota keluarga yang banyak dan membawa barang-barang, kamu tetap bisa mengangkutnya.

  • Mesin Irit

Mobil paling irit untuk taksi online akan sangat berpengaruh pada penggunaan bahan bakar dan pelumas. Sehingga mobil yang irit dapat menghemat pengeluaran biaya operasional. 

Kemudian mobil yang irit dapat berimbas pada keuntungan yang lebih besar. Selain itu, mobil yang irit juga lebih mudah dilakukan perawatan.

Karena untuk dipergunakan sebagai taksi online, otomatis mobilitas kerja mobil akan sangat padat. Setiap saat mobil dituntut membawa penumpang ke mana saja sesuai tujuan. Setidaknya dalam sehari, mobil harus berjalan lebih dari tiga tujuan berbeda. 

Ditambah lagi, prediksi jarak tempuh yang tidak mudah dipastikan setiap hari. Untuk itulah, kriteria mobil yang dipilih harus bisa tahan banting menempuh perjalanan panjang dan terus menerus.

  • Harga Terjangkau

Saat Anda berniat menjadi bagian dari pengemudi taksi online berarti Anda harus siap berinvestasi kendaraan. 

Untuk memiliki investasi terbaik tentu Anda perlu mempertimbangkan kualitas mobil dengan harga serta tingkat daya beli yang sesuai. Sehingga cicilannya pun lebih terjangkau. 

Dengan demikian, Anda tidak mudah terpengaruh oleh harga mobil murah namun tidak menjamin performa yang baik.

Syarat dan Cara Daftar Taksi Online

Tingginya penghasilan yang bisa didapatkan hanya dari menjadi driver taksi online menyebabkan banyak orang berlomba-lomba menjadi mitra.

Mulai dari lulusan SMA, Kuliah, atau pensiunan yang sedang mencari usaha sampingan atau untuk meluangkan waktu senggang.

Mau tahu syarat dan cara daftar jadi mitra driver taksi online? Simak ulasan berikut.

  1. Belum terdaftar sebagai mitra driver taksi online

Pastinya, NIK Anda belum terdaftar sebagai driver taksi online sebelumnya. Karena jika NIK Anda sudah terdaftar, otomatis Anda tidak bisa mendaftar lagi.

  1. Wajib memiliki kendaraan

Anda diharuskan memiliki kendaraan yang kemudian akan digunakan untuk menjalani profesi driver taksi online.

Perusahaan akan memberikan syarat sekurang-kurangnya kendaraan Anda berumur 7 tahun atau minimal terdaftar pada tahun 2014.

  1. Kendaraan Wajib sesuai dengan Kategori yang sudah ditetapkan

Kendaraan yang dimiliki pun harus disesuaikan dengan kategori yang diberikan. Contohnya, ada perusahaan yang menggolongkan jenis kendaraan menjadi mobil keluarga (7/8 seater), mobil sedan, LCGC, atau jenis hatchback.

  1. Kendaraan wajib memiliki surat

Kendaraan yang Anda miliki harus dilengkapi dengan surat-surat standar kepolisian.

Namun ada pengecualian, apabila Anda beli mobil bekas dan belum balik nama, Anda bisa melampirkan surat jual-beli atau surat izin menggunakan kendaraan dari pemilik yang namanya tertera di STNK.

  1. Wajib memiliki smartphone

Sudah jadi barang umum, Anda diwajibkan memiliki smartphone. Ada baiknya, smartphone Anda memiliki setidaknya RAM minimal 2 GB.

  1. Menyiapkan dokumen pribadi

Anda juga harus melengkapi dokumen yang diminta. Antara lain, siapkan asli dan foto copy untuk, foto profil, KTP, SIM A/B, STNK, SKCK, Kartu Keluarga, Buku Tabungan, NPWP, Surat Keterangan Sehat, dan Surat Keterangan Domisili.

Nah, setelah semuanya sudah siap, Anda bisa mendatangi kantor taksi online pilihan Anda dan langsung segera menadftar.

Deretan Mobil yang Cocok untuk Taksi Online

Setelah semua persyaratan untuk menjadi driver taksi online sudah dipenuhi. Kini saatnya Anda memikirkan pilihan merek  mobil yang akan digunkana untuk menjalani profesi driver taksi online. 

Berikut pilihan mobil bekas yang Mobil123.com rangkum untuk Anda memulai bisnis jadi driver taksi online:

Toyota Avanza

Mobil sejuta umat, Toyota Avanza bisa jadi pilihan paling menarik. Mengapa tidak? Avanza hadir di segmen Family MPV 7-seater dengan kabin dan bagasi yang cukup luas.

Selain di Indonesia, Avanza dijual ke seluruh Asia Tenggara, Afrika Selatan, Meksiko, Pakistan, Nepal, Kamboja, Myanmar, Bangladesh, Sri Lanka, Timur Tengah, Karibia, Mesir dan berbagai negara Afrika lainnya. Sebuah versi rebadged mobil itu dijual di China di bawah lencana FAW Group Corporation.

Avanza menjadi mobil penumpang terlaris di Indonesia selama 13 tahun berturut-turut (masing-masing antara tahun 2006 dan 2019), sebelum posisinya diambil alih oleh Honda Brio pada tahun 2020.

Avanza mendapatkan kembali posisi ini pada tahun 2021. Pada puncak popularitasnya pada tahun 2013, Avanza mencakup 17 persen dari total penjualan mobil di Indonesia.

Saat ini ada 1.968 unit Avanza bekas di Mobil123.com yang bisa jadi pilihan Anda di seluruh Indonesia. Tunggu apa lagi, segera cek dan pilih Avanza favorit Anda.

Daihatsu Xenia

Mobil jenis MPV ini hadir di Indonesia pada 2004. Generasi pertama diperkenalkan di Indonesia dengan tiga tipe utama, yaitu Mi, Li, dan Xi. Varian Mi dan Li menggunakan mesin 1.0L, sedangkan Xi menggunakan mesin 1.3L.

Daihatsu Xenia generasi kedua diluncurkan pada bulan Oktober 2011. Di generasi ini tersedia dengan 4 tipe utama, yaitu tipe 1.0D (1000cc standar), 1.0M (1000cc spek tertinggi), 1.3X (1300cc standar), dan 1.3R (1300cc spek tertinggi). Untuk tipe R, tersedia transmisi otomatis.

Di 2021, Xenia generasi ketiga hadir dan tersedia dengan 4 tipe utama, yaitu tipe 1.3M (1300cc standar), 1.3X (1300cc spek menengah), 1.3R (1300cc spek tertinggi), dan 1.5R (1500cc spek tertinggi). Paket aksesoris Astra Daihatsu Styling (ADS) juga tersedia untuk tipe 1.3R dan 1.5R dan menggantikan paket aksesoris Deluxe di generasi sebelumnya, sedangkan Advanced Safety Assist (A.S.A.) juga tersedia untuk tipe 1.5R.

Saat ini, ada 1.288 unit mobil Daihatsu Xenia bekas yang terpasang iklannya di Mobil123.com. 

Honda Mobilio

LMPV masih menjadi salah satu segmen yang masih cukup ‘hot’ hingga saat ini. Jika Anda mencari mobil dengan fitur mumpuni dan bisa menampung hingga 7 orang, Anda harus membidik mobil bekas Honda Mobilio.

Pada 2016, mobil bekas Honda Mobilio diluncurkan dalam 6 trim yang berbeda dengan fitur yang mempengaruhi tingkat banderol. Trim mobil bekas Honda Mobilio antara lain S, E, E CVT, Prestige, RS, dan RS CVT

Ada 1.185 Honda Mobilio yang terdaftar dalam iklan di Mobil123.com dengan berbagai varian dan harga yang bisa jadi pilihan Anda.

Toyota Calya

Mobil jenis low cost green car (LCGC) 7-seater pertama di Indonesia ini hadir sejak 9 Juli 2016. Pabrikan mengkalim, Calya dihadirkan untuk mengedepankan kenyamanan dalam berkendara.

Mobil bersegmen MPV dengan konsep UFC-3 dari Toyota ini awalnya dipresentasikan pada Indonesia International Motor Show IIMS 2014 di Jakarta dan berbagi platform dengan Agya dan Ayla. 

Mobil ini menggunakan mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama seperti Etios Valco dan mesin 1 liter dengan kode 1KR-VE.

Toyota Calya dibekali mesin 3NR-VE 1.200 cc Dual VVT-i. Mesin ini hasilkan 89 hp pada 6.000 rpm dan torsi 107 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui dua pilihan transmisi yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Sebagai mobil favorit di segmen LCGC, tentunya Toyota Calya juga memiliki harga bekas yang terjaga. Harga jualnya masih relatif baik mengingat peminatnya yang juga tinggi.

Saat ini, ada 766 unit Calya bekas dari seluruh Indonesia di laman Mobil123.com. Dengan berbagai pilihan varian, warna, spesifikasi dan harga.

Daihatsu Sigra 

Selanjutnya Daihatsu Sigra, terpatau di laman Mobil123.com, ada 606 unit Daihatsu Sigra bekas yang dijual dengan berbagai pilihan warna dan harga

Melihat angka wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2021, tercatat Daihatsu Sigra berhasil menjual 40.283 unit mobil, menjadikan mobil ini sebagai peringkat pertama LCGC terlaris, wow!

Hadir di pasar otomotif Tanah Air pada 2016, Sigra ditawarkan dalam 6 trim utama, yakni 1.0 D, 1.0 M, 1.2 X, 1.2 X Deluxe, 1.2 R, dan 1.2 R Deluxe. 

Untuk varian mesin 1.000 cc hanya tersedia dengan sistem transmisi manual 5-percepatan. Sementara untuk varian 1.200 cc ditambahkan pilihan transmisi matik 4-percepatan.

Pada 2019, Sigra mendapatkan penyegaran tampang. Daihatsu memberikan bumper depan dengan desain baru, lampu depan LED, hingga fitur spion lipat elektrikal untuk beberapa varian.

Wuling Confero

Wuling Confero termasuk segmen MPV yang banyak disukai masyarakat Indonesia dengan menawarkan solusi mobil murah tapi tidak murahan.

Salah satu mobil MPV terbaik dengan harga terjangkau ini memiliki segudang fitur yang mampu bersaing dengan mobil MPV lainnya di pasar otomotif.

Confero telah ditenagai mesin yang andal dengan fitur fungsional dan desain interior yang simpel.

Performanya pun andal dengan dibekali mesin berkapasitas 1.485 cc DOHC DVT. Mobil ini dapat melaju dengan akselerasi yang sangat enteng.

Saat ini, ada 77 unit mobil bekas Wulin Confero yang dipasang di bursa mobil bekas Mobil123.com. Dengan banyaknya pilihan, warna dan varian, jadi tunggu apa lagi? Segera cek mobil bekas untuk bisnis taksi online Anda sekarang.

Suzuki Ertiga

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru berkualitas <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
  • Akses Mudah
  • Performa Lebih Cepat
  • Fitur yang Ditingkatkan
  • Personalisasi
Unduh Aplikasi Sekarang