Blue Bird Perbanyak MPV Demi Bersaing dengan Taksi Online

Berita Otomotif

Blue Bird Perbanyak MPV Demi Bersaing dengan Taksi Online

JAKARTA – Blue Bird pada 2018 ingin makin memperbanyak armada taksi multi purpose vehicle (MPV). Langkah ini turut dipicu oleh persaingan dengan taksi-taksi online, yang memang banyak terdiri dari MPV.

Blue Bird tercatat mulai memakai MPV sejak 2015, dengan Honda Mobilio sebagai model pertama. Pada 2018, operator taksi konvensional ini mencapai kesepakatan dengan Toyota untuk menggunakan Avanza Transmover dalam peremajaan armada sedan lawas dan telah menerima 1.200 unit pada kuartal pertama.

Armada taksi MPV, menurut Direktur PT. Blue Bird Andre Djokosoetono beberapa waktu lalu, masih akan terus bertambah hingga ribuan unit lagi sampai akhir tahun. Ia menjelaskan bahwa pihaknya kini sedang menjajaki peluang menggunakan Wuling Confero, Toyota Calya, Daihatsu Sigra untuk mendampingi Avanza Transmover.

Andre mengakui kompetisi dengan taksi online yang kerap berwujud MPV membuat mereka mengambil keputusan ini. Hal ini mempengaruhi preferensi konsumen.

“Kami mempelajari dan  mendengarkan juga konsumen kami yang menyatakan bahwa sekarang sudah terbiasa dengan MPV,” jelas Andre.

Kebijakan pemerintah yang kini memperbolehkan MPV dijadikan taksi konvensional, lanjut Andre, makin mendukung aksi Blue Bird. Sebelumnya, hanya sedan yang diizinkan.

“Perizinannya sudah direvisi pemerintah, jadi kami sekarang bisa pakai MPV,” tandasnya.

MPV sendiri, khususnya yang berharga Rp 200 juta-an atau lebih murah, adalah pilihan terfavorit di pasar otomotif Indonesia. Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-Februari 2018 memperlihatkan distribusi segmen low MPV (LMPV) yang berisi Avanza, Mitsubishi Xpander, dan kawan-kawan mencapai 25,41 persen dari total pasar.

Pengiriman LMPV pada dua bulan pertama berjumlah 48.206 unit, naik 7,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya atau year on year. Sementara itu, total pasar mobil nasional ialah 189.712 unit, tumbuh 4,57 persen year on year. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual