Chevrolet Punya Aplikasi Cegah Penggunaan Smarphone Saat Berkendara

Berita Otomotif

Chevrolet Punya Aplikasi Cegah Penggunaan Smarphone Saat Berkendara

CALIFORNIA - Chevrolet akan menghadirkan sebuah aplikasi smartphone untuk mengurangi resiko kecelakaan akibat menggunakan smartphone saat mengemudi.

Aplikasi tersebut dinamakan ‘Call Me Out’ dan berfungsi untuk mengingatkan pengemudi untuk tidak menggunaan smartphone saat mengemudi. Menariknya adalah, cara yang digunakan pada aplikasi ini sangat sederhana.

Mereka hanya mengandalkan suara dari orang terdekat yang sudah direkam sebelumnya. Ketika sang pengemudi mencoba untuk mengaktifkan smartphone mereka, maka suara pengingat yang sudah direkam akan mengingatkan untuk meletakkan kembali smartphone tersebut.

Aplikasi tersebut akan aktif ketika pengemudi mulai berkendara dengan kecepatan lebih dari 8 km/jam. Untuk mendeteksi gerakan, aplikasi akan menggunakan GPS yang sudah tersemat di smartphone. Pengemudi sebenarnya tetap bisa mengaktifkan smartphone mereka, namun dalam video yang diunggah Chevrolet, semua menghindar untuk menggunakannya.

 

Agar lebih ‘bersahabat’, aplikasi ini juga dilengkapi dengan games dengan papan skor dan rangking. Semakin sedikit smartphone yang dipegang selama berkendara, maka skor akan semakin tinggi. 

Para pakar psikologi mengakui bahwa belakangan ini smartphone dan social media cukup membuat orang kecanduan. Banyak dari mereka tidak bisa menahan diri untuk mengirim pesan atau mengecek social media mereka ketika berkendara dan menyebabkan kecelakaan yang seharusnya bisa dihindari.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Research Now, 90 persen orang mengaku pernah membuka smartphone ketika mengemudi. Menariknya, 84 persen di antaranya mengaku mengetahui bahwa kebiasaan tersebut berbahaya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support