CEO Renault Dipecat Mendadak Karena Dekat dengan Ghosn

Berita Otomotif

CEO Renault Dipecat Mendadak Karena Dekat dengan Ghosn

PARIS - Thierry Bolloré dipecat alias dicopot dari posisinya sebagai CEO and President Renault SA oleh Dewah Direksi pada hari Jumat kemarin dan penggantinya belum jelas.

Keputusan ini terbilang cukup mendadak dan tidak disangka oleh siapapun, termasuk Bolloré sendiri. Tidak ada alasan yang jelas terkait alasan dihentikannya Bolloré dari posisinya dan bahkan Renault cenderung menutupinya.

“Dewan Direksi memutuskan untuk mencabut mandat dari Thierry Bolloré sebagai Chief Executive Officer of Renault SA dan President of Renault s.a.s yang berlaku secepatnya,” tulis keterangan resmi Renault.

Hingga penggantian secara permanen dilakukan, maka Clotilde Delbos akan menjadi Pelaksana CEO untuk Renault. Sedangkan untuk posisi President akan disini oleh Jean-Dominique Senard yang merupakan Chairman dari Dewan Direksi Renault.

Ballore dianggap sebagai orang yang dekat dengan Carlos Ghosn sebelum terjadinya skandal. Kondisi tersebut membuat beberapa pihak mencurigainya terlibat masalah serupa. Terlebih Hiroto Saikawa, CEO Nissan setelah era Carlos Ghosn juga dicopot karena dicurigai melakukan tindakan ilegal.

Namun, keputusan mencopot Ballore bisa dianggap sebagai langkah yang baik. Pasalnya, harga saham Renault berhasil melonjak setelah dilakukannya pengumuman ini.

Di Indonesia sendiri, pencopotan CEO rasanya tidak akan terlalu berdampak besar. Terlebih, produsen mobil asal Perancis tersebut mengaku akan lebih agresif dalam menggarap pasar Indonesia dengan meluncurkan lebih banyak produk baru seperti Renault Triber yang pertama kali dikenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Mobil yang diproduksi India tersebut diperkirakan akan dijual dengan harga Rp 125 juta hingga Rp 155 juta. Itu artinya, Renault Triber akan berhadapan dengan mobil-mobil LCGC seperti Datsun Go+ serta Toyota Calya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support