Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

CEO Renault Dipecat Mendadak Karena Dekat dengan Ghosn

Berita Otomotif

CEO Renault Dipecat Mendadak Karena Dekat dengan Ghosn

PARIS - Thierry Bolloré dipecat alias dicopot dari posisinya sebagai CEO and President Renault SA oleh Dewah Direksi pada hari Jumat kemarin dan penggantinya belum jelas.

Keputusan ini terbilang cukup mendadak dan tidak disangka oleh siapapun, termasuk Bolloré sendiri. Tidak ada alasan yang jelas terkait alasan dihentikannya Bolloré dari posisinya dan bahkan Renault cenderung menutupinya.

“Dewan Direksi memutuskan untuk mencabut mandat dari Thierry Bolloré sebagai Chief Executive Officer of Renault SA dan President of Renault s.a.s yang berlaku secepatnya,” tulis keterangan resmi Renault.

Hingga penggantian secara permanen dilakukan, maka Clotilde Delbos akan menjadi Pelaksana CEO untuk Renault. Sedangkan untuk posisi President akan disini oleh Jean-Dominique Senard yang merupakan Chairman dari Dewan Direksi Renault.

Ballore dianggap sebagai orang yang dekat dengan Carlos Ghosn sebelum terjadinya skandal. Kondisi tersebut membuat beberapa pihak mencurigainya terlibat masalah serupa. Terlebih Hiroto Saikawa, CEO Nissan setelah era Carlos Ghosn juga dicopot karena dicurigai melakukan tindakan ilegal.

Namun, keputusan mencopot Ballore bisa dianggap sebagai langkah yang baik. Pasalnya, harga saham Renault berhasil melonjak setelah dilakukannya pengumuman ini.

Di Indonesia sendiri, pencopotan CEO rasanya tidak akan terlalu berdampak besar. Terlebih, produsen mobil asal Perancis tersebut mengaku akan lebih agresif dalam menggarap pasar Indonesia dengan meluncurkan lebih banyak produk baru seperti Renault Triber yang pertama kali dikenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Mobil yang diproduksi India tersebut diperkirakan akan dijual dengan harga Rp 125 juta hingga Rp 155 juta. Itu artinya, Renault Triber akan berhadapan dengan mobil-mobil LCGC seperti Datsun Go+ serta Toyota Calya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang