Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

CEO Baru Nissan Mengundurkan Diri Karena Terlibat Skandal Mirip Ghosn

Berita Otomotif

CEO Baru Nissan Mengundurkan Diri Karena Terlibat Skandal Mirip Ghosn

YOKOHAMA - Hiroto Saikawa, CEO Nissan Motor Co., Ltd resmi mengundurkan diri dari jabatannnya dan lakukan saat pertemuan dewan direksi Senin (09/09/2019). Konon terlibat skandal mirip dengan pendahulunya Carlos Ghosn.

Dalam pertemuan ini, dirinya diminta untuk mengundurkan diri jabatan CEO yang dipegang dirinya setelah terjadinya skandal Carlos Ghosn. Jabatan CEO akan resmi diletakkannya pada 16 September 2019 dan posisinya sementara waktu digantikan oleh Yasuhiro Yamauchi yang saat ini menjabat sebagai COO Nissan.

Nissan sendiri kabarnya masih butuh waktu untuk mengisi posisi CEO secara resmi. Pabrikan Jepang ini berharap pencarian tersebut akan berakhir pada bulan Oktober. 

Untuk diketahui, Hiroto Saikawa sendiri sebelumnya menjabat sebagai Wakil CEO untuk Nissan. Namun setelah Carlos Ghosn ditahan, Ia pun didapuk menjadi orang nomor satu di Nissan. Sayangnya, Hiroto Saikawa ternyata tidak sebersih kelihatannya.

Nissan melakukan audit besar-besaran terhadap keuangan perusahaan dan ternyata Saikawa diketahui menerima penghasilan yang lebih besar dari seharusnya. Saikawa diduga telah mengubah ketentuan bonus dari saham yang dimilikinya sehingga menambahkan pendapatannya sebesar 47 juta yen. Meski mengaku bahwa dirinya mendapatkan bonus lebih besar, Ia menolak untuk menyebut dirinya bersalah.

Skandal yang melibatkan Carlos Ghosn dan beberapa eksekutif Nissan memang terbukti memberikan dampak luar biasa bagi Nissan. Pada April-Juni, laba bersih Nissan terjun hingga 95 persen. Kondisi tersebut menyebabkan Nissan harus melakukan 12.500 pemutusan hubungan kerja di seluruh dunia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang