Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mau Mudik Pakai Mobil Pribadi? Sempatkan Baca Buku Manual Kendaraan

Berita Otomotif

Mau Mudik Pakai Mobil Pribadi? Sempatkan Baca Buku Manual Kendaraan

JAKARTA - Buku manual kendaraan akan diperoleh konsumen saat membeli mobil baru. Buku manual berisikan tentang informasi penting terkait kendaraan. Oleh karena itu jangan abaikan buku manual, terlebih bagi pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kampung halaman.

Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bidang Mobilitas dan Komunitas, Rifat Sungkar mengatakan pemilik kendaraan agar bisa menyempatkan waktunya untuk buka dan baca buku manual kendaraan.

"Sempetkan buka manual book, pasti informasi akurat ada di situ," ujarnya.

Buku Manual Mobil (Foto: thenewswheel)

Sekadar informasi, di dalam buku manual kendaraan terdapat beragam penjelasan mulai dari instruksi perawatan, hingga penyelesaian masalah dalam keadaan darurat.

Lebih lanjut, Rifat menambahkan, apalagi dalam kesempatan Lebaran tahun ini, kemungkinan besar akan terjadi lonjakan pemudik. Oleh karena itu kondisi kendaraan yang prima sangat dibutuhkan.

"Kita pasti berada dalam traffic jam. Nah, problemnya adalah ketika kita lagi mudik, seperti bencana alam yang lebih besar dari pada biasanya, Jadi saya menyarankan gini apa pun merek kendaraannya, dibaca lagi manual book-nya. Cek emergency service-nya, datangi bengkel resmi terdekat untuk persiapan mudik," terang dia.

Memeriksa Mesin Mobil (Foto: Autotent.net)

Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Setiap mesin mobil memiliki rasio kompresi yang berbeda-beda, hal ini besar kaitannya dengan jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tepat digunakan pada kendaraan. Untuk mengetahui rasio kompresi pada mesin dan jenis BBM yang cocok digunakan sesuai rekomendasi pabrikan, bisa dilihat di buku manual.

Umumnya mobil zaman sekarang memiliki kompresi tinggi, minimal 11:1 atau 12:1. Sehingga, butuh asupan BBM dengan Nilai Oktan atau Research Octane Number (RON) yang tinggi. Bila nekat menggunakan BBM RON rendah maka akan menurunkan performa mesin mobil.

Isi bahan bakar (Foto: Freepik)

"Ketika biasa pakai bensin oktan rendah, dan mobil sangat dibebani, baik orang dan barang bawaan, jatuhnya pasti akan lebih boros dibanding mobil yang memakai BBM oktan tinggi," tutur Rifat. 

"Dengan BBM oktan tinggi, kerja mesin jadi ringan," sambungnya.

Rifat memberi saran, di musim mudik Lebaran kali ini jangan karena perjalanan jauh, terus ingin lebih hemat, pemudik inisiatif mengisi BBM oktan rendah.

"Jangan begitu. Sebab mesin akan lebih stres dan jatuhnya lebih boros," pungkas Rifat. [Tih/]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang